Hafiz Asal Sumbar Menang MTQ Internasional di Arab Saudi, Raih Ratusan Juta

Hafiz-asal-sumbar-menang-mtq-di-arab.jpg
(Foto: Twitter/@Saudi_Moia via kumparan)

RIAU ONLINE - Hafiz asal Sumatera Barat (Sumbar), Muhammad Mufid Al-Izza, memenangkan lomba MTQ Internasional di Arab Saudi. Hadiah hampir Rp 700 juta berhasil disabet pemuda 20 tahun itu.

Penutupan lomba sekaligus penyerahan hadiah dilaksanakan di kompleks Masjidil Haram di Makkah pada Rabu, 6 September 2023 waktu setempat atau Kamis, 7 September 2023 dini hari WIB.

Hadiah diserahkan oleh Wakil Emir Makkah Pangeran Badar bin Sultan bin Abdulaziz mewakili Raja Salman, didampingi Menteri Urusan Islam Dr Abdullatif bin Abdulaziz Al-Alsheikh selaku penyelenggara lomba. Kegiatan ini disiarkan langsung via Periscope X (dulu Twitter), sebagaimana dilansir dari kumparan, Jumat, 8 September 2023.

Sejumlah ulama terkemuka Arab Saudi, termasuk para imam Masjidil Haram, termasuk Syekh Abdurrahman As-Sudais, hadir dalam acara tersebut.

Tiba saatnya Mufid menerima hadiah. Mufid diganjar hadiah 170 ribu riyal atau sekitar Rp 694 juta.


Ada 5 cabang yang diperlombakan dalam MTQ ini. Mufid mengikuti cabang menghafal seluruh Alquran dengan performa dan intonasi bagus atau Hifzil Al-Quran golongan 30 juz.

Mufid dalam kompetisi ini menduduki peringkat empat dalam salah satu kategori/cabang lomba.

Sedangkan juara satu dipegang peserta dari Somalia dengan hadiah 200 ribu riyal (sekitar Rp 817 juta), juara dua dari Swedia dengan hadiah 190 ribu riyal (Rp 776 juta), juara tiga dari Bangladesh dengan hadiah 180 ribu riyal (Rp 735 juta). Dan juara lima yang menduduki posisi setelah Mufid, yakni peserti dari Libya dengan hadiah 160 ribu riyal (Rp 654 juta).

Kompetisi yang diadakan oleh Kementerian Urusan Islam ini memberikan hadiah fantastis, total 4 juta riyal atau setara Rp 16,3 miliar.

Ada 166 hafiz atau penghafal Alquran dari 117 negara, termasuk Indonesia, yang mengikuti kompetisi bertajuk King Abdulaziz International Competition for Memorizing Reciting and Explanation the Holy Quran in its 43rd session ini.

Selain Muhammad Mufid Al-Izza, Indonesia juga mengirim Zaki Muhammad Al-Ghani asal Jawa Barat untuk cabang Hifzil Alruran golongan 15 juz dalam ajang bergengsi ini. Namun, hanya Mufid yang sukses menyabet gelar juara.

Sebelumnya pada April 2023 lalu, peserta dari Indonesia juga memenangkan lomba azan di Arab Saudi. Dhiyauddin yang asli Aceh berhasil menyabet juara 2 dan menyabet hadiah Rp 4 miliar.