PAD Kurang Rp 1,3 T dari Target, DPRD Riau Khawatir Pemotongan Kegiatan

Ilustrasi-Anggaran2.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Wakil Ketua DPRD Riau, Agung Nugroho, mengungkapkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemerintah Provinsi Riau hingga saat ini belum mencapai target, bahkan besaran kurangnya mencapai Rp 1,3 triliun.

Ia menerangkan, Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) bersama DPRD Riau berencana melakukan rasionalisasi anggaran pada APBD Perubahan mendatang.

"Itu jumlah saat ini. Bisa saja saat pembahasan APBD Perubahan bisa berkurang. Pemprov Riau masih terus berupaya," kata Agung, Selasa, 15 Agustus 2023.

Politikus Demokrat itu menjelaskan, jika pendapatan tidak terealisasi, maka akan berimbas pada sejumlah program yang akan dijalankan. Ditambahkan Agung, menyesuaikan dengan pendapatan yang ada, mungkin saja anggaran pada kegiatan tersebut akan mengalami pemotongan.


"Pencapaian pendapatan pada tahun ini berkurang sebanyak Rp 1,3 triliun, makanya akan ada beberapa kegiatan yang terpotong karena harus disesuaikan dengan PAD yang didapat," terangnya. 

Salah satu kegiatan yang terancam, kata Agung, adalah Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera XI yang rencananya akan digelar pada 5-15 November 2023 mendatang, dan Riau akan menjadi tuan rumah.

"Porwil itu yang jadi terancam nantinya. Ini masih bingung soal bagaimana penganggarannya. Ini masih menjadi pembahasan di tingkat TAPD dan Banggar DPRD," tandas Agung.