Emang Boleh Segigih Itu?, Warga Resah Jukir di Pekanbaru Beroperasi 24 Jam

Juru-Parkir6.jpg
(Riau Online/Laras Olivia)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Masyarakat Kota Pekanbaru diresahkan dengan keberadaan juru parkir atau jukir yang masih memungut jasa layanan parkir hingga di atas pukul 00.00 WIB atau sudah memasuki hari baru, para jukir masih beroperasi di sejumlah ritel dah lokasi kuliner.

 

"Saya belanja jam 1 malam masih ada jukir minta uang parkir, memangnya boleh 24 jam kerja jukir?," kata satu warga di kawasan jalan Tuanku Tambusai, Senin 23 Oktober 2023.

 

Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Yuliarso menegaskan tidak ada operasional parkir selama 24 jam. Ia menyebut bahwa para juru parkir atau jukir tentu butuh waktu istirahat.

 

Tapi diakuinya ada sejumlah titik ruko atau ritel buka selama 24 jam. Apabila memang ada tentu jukir tersebut berjaga di titik parkir secara bergantian.

 


"Tapi itu di luar aturan main kita, jukir yang bertugas mestinya bertugas paling lama hingga dini hari," sebutnya.

 

Mantan Camat Rumbai Pesisir ini menyebut bahwa ada pengecualian untuk parkir di Pasar Pagi. Para jukir biasa bertugas dari pukul 7.30 WIB. Sedangkan yang bertugas dari pukul 00.00 WIB hingga 04.00 WIB sifatnya situasional.

 

Parkir di Kota Pekanbaru saat ini di bawah pengelolaan pihak ketiga. PT Yabisa Sukses Mandiri (YSM) mengelola parkir tepi jalan yang berada di 88 ruas jalan Kota Pekanbaru.

 

"Ini merupakan ruas jalan potensial parkir, termasuk jalan pendukung lainnya di sekitar ruas jalan yang dikerjasamakan," jelasnya.