Mangkrak 11 Tahun, DPRD Pekanbaru Dukung Pemko Minta APBN Bangun Pasar Cik Puan

kaji-cikpuan.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - DPRD Kota Pekanbaru memberikan dukungan kepada Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru untuk meminta APBN, membangun Pasar Cik Puan, Jalan Tuanku Tambusai, Rabu 20 September 2023.

Pembangunan pasar tersebut telah mangkrak selama 11 tahun karena keterbatasan anggaran APBD Pekanbaru. Dimana, Pemko Pekanbaru belum mampu menyediakan Rp80 miliar untuk pembangunan pasar tradisional tersebut.

"APBD Pekanbaru memang belum mampu untuk membangun dengan nilai anggaran sebesar Rp80 miliar itu. Makanya Pemko Pekanbaru berharap APBN di Kementerian PUPR," ujar Anggota Komisi IV Roni Pasla.

Ia menjelaskan, Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun sudah menyampaikan permintaan anggaran tersebut kepada Menteri Perdagangan (Mendag) RI, dengan harapan Mendag akan mengkoordinasikan anggaran itu bersama Kementerian PUPR RI.


"Kita minta bantu agar Pak Mendag bisa mendorong agar bantuan ini segera kita dapatkan," jelasnya.

Menurutnya, setelah anggaran yang diharapkan cair, Pemko Pekanbaru harus segera membangun pasar tersebut. Tentunya dengan mempertimbangkan kekuatan fisik dari pondasi pasar yang telah lama dimakan usia.

"Kalau anggaran sudah cair, kami Komisi IV DPRD Pekanbaru berharap Pemko Pekanbaru segera membangun pasar itu. Apakah nanti pengelolaannya kepada pihak ketiga atau swasta, itu akan dibahas kemudian dengan pertimbangan (keuntungan) saat itu," pungkasnya.