Forum Peduli Pemilu Minta Pansel Bawaslu Soroti Rekam Jejak Seluruh Calon

ilustrasi-bawaslu1.jpg
(Istimewa via Kumparan)

RIAU ONLINE, PEKANBARU -  Perwakilan Forum Peduli Pemilu, Angga WP, meminta Panitia Seleksi agar menyoroti rekam jejak seluruh calon anggota Bawaslu Riau yang sebelumnya dinyatakan lulus ke tahapan berikutnya, yakni tersisa 8 orang.

“Perihal seleksi Bawaslu Riau yang sedang berjalan, saya melihat salah satu calon dirasa tidak memenuhi persyaratan karena dianggap tidak memiliki integritas," ujar Angga WP, Senin, 12 Juni 2023.

Menurut Angga WP, alasannya karena ada beberapa faktor, di antaranya yang bersangkutan pernah terlibat skandal perselingkuhan.

"Pernah terlibat perselingkuhan, rasanya tidak pantas untuk menjadi pengawas dalam perhelatan Pemilu," ujar Angga WP.

Selain itu, kata dia, pihak yang bersangkutan perlu dievaluasi Timsel Bawaslu diduga terlibat dalam kasus penggelembungan suara saat menjabat sebagai komisioner KPU Siak.


"Kemudian yang memalukannya lagi, pernah diberhentikan sebagai PNS. Jadi kondisinya memang tidak pantas," tegas dia.

Berdasarkan hal tersebut, lanjut Angga, kepada seluruh tim seleksi diharapkan mampu memperhatikan hal-hal itu demi terlaksananya Pemilu 2024 yang taat asas dan taat prinsip.

“Saya yakin dan percaya semua tim seleksi bisa cermat, teliti dan profesional serta memiliki integritas dalam melaksanakan tugas sehingga memilih calon yang baik dan berintegritas," ujarnya.

Diakui Angga, sebelumnya pihaknya sudah menyampaikan tanggapan masyarakat secara resmi ke email resmi tim seleksi namun tidak ada tanggapan atau balasan.

Sebab itu, bagi dia, pegiat dan pemerhati Pemilu khawatir dan mulai meragukan kapasitas dan integritas dari tim seleksi.

"Sehingga saya memutuskan untuk memberitahukan ke publik, agar semua ikut mengawasi sebagai bentuk partisipasi dan kepedulian saya terhadap proses seleksi," jelas Angga WP.