Banyak Yayasan di Kuansing Keberatan Dijadikan TK Negeri

Ilustrasi-TK-negeri.jpg
(Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) menargetkan tiga Taman Kanak-kanak (TK) Negeri pada 2023 ini.

Kepala Bidang PAUD dan Pendidikan Formal, Disdikpora Kuansing, Al Pandri mengatakan hingga kini baru ada dua TK negeri di Kabupaten Kuansing. Dua TK negeri masing-masing TK Pembina Teluk Kuantan dan TK Pembina Pangean.

"Yang jadi persoalan sekarang yayasan kesulitan menghibahkan aset ke pemerintah. Padahal ini jadi syarat mutlak untuk jadi sekolah negeri seluruh aset harus dihibahkan," ujar Al Pandri ditemui RIAUONLINE.CO.ID, Senin, 8 Mei 2023.

Pihaknya terus berupaya agar syarat tersebut bisa dipenuhi oleh pengelola terutama yayasan. Untuk jadi TK negeri maka seluruh aset harus dihibahkan ke pemerintah daerah mulai lahan, bangunan hingga aset lainnya.


"Kalau dari mulut ke mulut kita tanya mau, tapi kebanyakan keberatan karena aset tersebut milik yayasan," kata Al Pandri.

Tahun 2023 ini kata Dia ada tiga TK yang diusulkan untuk menjadi TK negeri. Keuntungannya kata Dia pemerintah bisa melakukan pembangunan mulai fisik dan non fisik.

"Keuntungan apabila sudah jadi sekolah negeri kita bisa bangun sarana dan prasarana fisik maupun fisik, kalau masih yayasan tentu tidak bisa," katanya.