AirAsia Sebut Mahalnya Avtur di Indonesia Bikin Tiket Domestik Ikut Mahal

Peswat3.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE - AirAsia keluhkan biaya bahan bakar di Indonesia yang lebih mahal dari negara di kawasan Asia Tenggara lainnya. Keluhan ini disampaikan oleh CEO Capital A Berhad, induk perusahaan maskapai penerbangan AirAsia Tony Fernandes.

Fernandes memaparkan,  biaya bahan bakar pesawat di Indonesia memiliki tarif sekitar 28 persen lebih mahal dibandingkan dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

“Harga bahan bakar di Indonesia adalah tertinggi di ASEAN, sekitar 28 persen,” ungkap Fernandes, dikutip dari ANTARA, Kamis, 5 September 2024.

Menurut Fernandes, minimnya kompetisi penyedia avtur menjadi di Indonesia menjadi faktor penyebab mahalnya tarif avtur jika dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia. 

Akibat mahalnya tarif avtur ini, dikatakan Fernandes, berimbas pada biaya operasional maskapai yang berujung pada tingginya harga tiket pesawat penerbangan domestik di Indonesia dibandingkan dengan negara lainnya.



Bila dibandingkan dengan Malaysia, terdapat beberapa pemasok avtur dari perusahaan berbeda, sementara Indonesia masih dipasok sepenuhnya oleh PT Pertamina.

“Bila hanya ada satu di Indonesia, mereka dapat mengenakan biaya yang mereka inginkan,” jelasnya.

Ia juga menyoroti salah satunya adalah pungutan pajak pertambahan nilai (PPN) di Tanah Air yang dikenakan dua kali untuk bahan bakar, khususnya untuk penerbangan domestik sebesar 11 persen.

Hal lain yang ingin disampaikan kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan adalah soal pembatasan tarif maskapai.

“Pembatasan tarif membuat tarif menjadi lebih mahal,” ujarnya pula.

Ia pun mengusulkan agar pembatasan tarif batas maskapai dihapuskan sehingga rerata tarif tiket pesawat dapat secara otomatis menurun, hal ini berkaca dengan negara Malaysia, Filipina dan Thailand yang tidak menerapkan pembatasan tarif sehingga tarif penerbangan terbilang rendah.