Harmoni dalam Kebhinekaan: Suka Cita dalam Perayaan HUT RI di Riau Kompleks RAPP

Harmoni-dalam-Kebhinekaan-Suka-Cita-dalam-Perayaan-HUT-RI-di-Riau-Kompleks-RAPP.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PELALAWAN - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia (RI) dalam lingkungan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) dirayakan oleh seluruh lapisan karyawan dan warga di Riau Kompleks, Pangkalan Kerinci, Sabtu, 17 Agustus 2024.

Diawali dengan upacara pengibaran bendera merah putih oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Riau Kompleks yang merupakan pelajar SMA Mutiara Harapan dan SMA Taruna Andalan, berlangsung dalam suasana yang khidmat, diikuti para karyawan, kontraktor, dan siswa siswi sekolah di Lapangan Merdeka Townsite 1.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Asisten I Setda Kabupaten Pelalawan, H. Zulkifli. Dalam amanatnya, Asisten I mengungkapkan tentang slogan HUT ke-79 RI, yakni ‘Nusantara Baru, Indonesia Maju’ yang menandakan momen penyambutan ibu kota baru, sekaligus perpindahan tongkat estafet kepemimpinan presiden. 

"Usia 79 tahun, Indonesia masih utuh menjaga persatuan dan kesatuan. Saya juga berterima kasih kepada RAPP yang merawat kebersamaan dan keberagaman. Terbukti banyaknya kegiatan keorganisasian yang bebas dijalankan di RAPP. Mari mengisi kemerdekaan ini dengan terus menjaga persatuan, bekerja, mensyukuri nikmat yang Tuhan berikan," terangnya.

Ia mengungkapkan kekagumannya dengan pelaksanaan upacara HUT RI di Riau Kompleks PT RAPP, sekaligus memuji penampilan Paskibra Riau Kompleks dan menyebut mereka tak kalah dengan Paskibra tingkat kabupaten. 

"Terima kasih kepada para pengibar bendera yang tampil luar biasa. Kami bangga memiliki putra putri yang cakap," ungkapnya.

Selain itu, Asisten I juga mengungkap tentang perkembangan pesat Kabupaten Pelalawan hingga saat ini yang tak lepas dari peran investasi RAPP, sebagai produsen pulp dan kertas kelas dunia.

"Pelalawan adalah kabupaten yang berkembang pesat di Riau. Pada tahun 2023, Pelalawan tertinggi tingkat investasi di Riau, berkat RAPP. Selain itu, pajak yang dibayarkan RAPP kepada kita telah mendukung pembangunan," jelasnya.



Dalam rangkaian upacara ini, juga dilakukan pengumuman pemenang beragam lomba dan kegiatan dalam rangka menyambut HUT RI di Riau Kompleks, seperti Bulan Olahraga Riau Kompleks (BOR) 2024, dan perlombaan lainnya yang dilaksanakan antar lingkungan Rukun Tetangga (RT)/Rukun Warga (RW), serta Unit Bisnis yang diikuti oleh karyawan dan keluarga.

Usai upacara, para Paskibra diundang untuk beramah-tamah dengan jajaran manajemen di Hotel Unigraha yang turut dihadiri oleh Chief Operating Officer (COO) RAPP Eduward Ginting.

Eduward menyampaikan apresiasi kepada para Paskibra, pelatih, pengasuh, dan pembina atas dedikasi mereka dalam persiapan upacara.

"Kami menyampaikan apresiasi kepada para Paskibra, pelatih, pengasuh, dan pembina atas dedikasi dalam persiapan upacara," ungkap Eduward.

Selain pelaksanaan upacara bendera, beragam kegiatan lainnya juga digelar di Riau Kompleks, seperti aneka lomba permainan rakyat di tingkat RT di Riau Kompleks, baik di Townsite 1 maupun Townsite 2, untuk kategori anak-anak, ibu-ibu, dan bapak-bapak. 

Ada juga kegiatan pawai kemerdekaan, lomba menyanyi, jalan santai, catur, balap goni, dan beragam  lomba menghibur lainnya. Yang tak kalah seru, warga juga menggelar acara hiburan, hingga dinner gathering pada malam harinya.

Tak hanya kegiatan dan lomba yang dilaksanakan oleh RT/RW, Corporate Communications Department juga menaja lomba khusus antar karyawan yang digelar di Hotel Unigraha, Jumat, 16 Agustus 2024 lalu. 

Lomba yang digelar yakni Ranking Satu, membatik, fashion design, hingga fashion show, menggunakan busana berbahan serat viscose produksi PT Asia Pacific Rayon (APR) yang sekaligus mengkampanyekan viscose sebagai bahan yang alami dan mudah terurai (biodegradable). 

Salah satu peserta lomba fashion show antar karyawan, Ani Taria Banjarnahor mengungkapkan, jalannya acara sangat seru dan berkesan. Dia dan timnya belajar mendesain secara kreatif dan bekerja sama untuk menghasilkan penampilan model yang menarik dalam waktu terbatas.

“Harapan kedepannya, dengan adanya event-event seperti ini kita bisa semakin mengembangkan dan menuangkan ide-ide yang kita punya dan semakin kompak. Di HUT RI, semoga bangsa Indonesia semakin maju,” harap Ani.

Sebelumnya, kemeriahan HUT ke-79 RI ini juga diikuti para ekspatriat yang bekerja di RAPP. Momen ini menjadi ajang penting untuk mempererat hubungan antarbangsa dalam lingkungan kerja yang multikultural.

Semangat kebersamaan yang ditunjukkan dalam perayaan ini sangat penting dalam memperkuat persatuan dan mendukung berbagai program perusahaan yang berorientasi pada kesejahteraan karyawan.