4 Cara Jaga Tubuh Sehat saat Cuaca Terik

Ilustrasi-kemarau.jpg
(Foto: Shutter Stock via kumparan)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Musim panas yang menyengat seringkali membuat tubuh rentan terhadap berbagai masalah kesehatan. Di bawah teriknya sinar matahari menjaga kesehatan menjadi prioritas utama terutama pada anak-anak.

Saat cuaca panas sering seseorang cenderung gelisah yang bisa disebabkan dehidrasi kelelahan karena panas. 

Berikut adalah tips yang dapat membantu anda tetap sehat dan segar saat cuaca panas:

Hindari dari paparan sinar matahari langsung

Kamu sebaiknya mengurangi jumlah aktivitas di luar ruangan, terutama saat sinar matahari sedang terik. Jika kamu tetap harus beraktivitas di luar ruangan, berlindunglah di tempat yang teduh untuk mengurangi kontak langsung dengan sinar matahari.

Pastikan kamu menggunakan pelindung berupa topi atau payung dan menggunakan pakaian lengan panjang yang menutupi kulit, tidak ketat serta dapat menyerap keringat. Jika ada bagian tubuh yang tidak tertutup oleh pakaian, kamu dapat menggunakan sunscreen dengan minimal SPF 30.-dikutip dari laman kumparan.com

Minum air putih yang cukup



Tubuh lebih banyak berkeringat saat berada di cuaca panas. Oleh karena itu, kita sebaiknya minum air dalam jumlah yang cukup dan secara teratur untuk mencegah terjadi dehidrasi.

Perlu diperhatikan bahwa jika seseorang memiliki kondisi medis tertentu yang mengharuskannya membatasi jumlah air yang diminum, maka sebaiknya tanyakan kepada dokter tentang berapa banyak jumlah air yang sebaiknya diminum saat cuaca panas. Selain itu, hindari mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol, kafein, minuman manis atau minuman yang terlalu dingin.- dikutip dari laman kumparan.com

Makan makanan yang sehat

Sebaiknya konsumsi makanan yang segar,sehat seperti buah-buahan,sayuran untuk menjaga energi kita tetap stabil dan sehat.

Gunakan kipas angin/AC

Dengan menggunakan kipas angin/AC ruangan akan terasa lebih nyaman dan dingin sehingga terhindar dari panas. Suhu yang terlalu panas dalam ruangan juga berdampak pada kesehatan.

Gunakan pakaian yang tepat 

Saat cuaca panas di sarankan memakai baju yang longgar dan berbahan tipis seperti bahan katun hindari pakaian yang berwarna hitam karena menyerap panas.

Selain minuman dingin yang menyegarkan, penting juga untuk tetap menjaga keseimbangan tubuh  dan selalu menggunakan perlindungan seperti topi. Dengan mengikuti tips tersebut, kamu dapat menikmati cuaca panas tanpa harus khawatir akan masalah kesehatan.