Menteri AHY Pertama Kali Kunker di Riau, Intip Daftar Kegiatannya

Menteri-ATRBPN-AHY.jpg
(Foto: Hafidz Mubarak A/ANTARA FOTO)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), melakukan kunjungan kerja di Provinsi Riau pada Jumat - Sabtu, 31 Mei-1 Juni 2024.

Ini merupakan kunjungan kerja (kunker) pertamanya di Pulau Sumatera. Ada sejumlah agenda yang akan Menteri AHY laksanakan, di antaranya mendampingi Presiden Joko Widodo dalam peresmian jalan tol dan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, menyerahkan sertipikat tanah hasil program strategis Kementerian ATR/BPN, serta melakukan peninjauan pelayanan di sejumlah Kantor Pertanahan (Kantah).

Setibanya di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Provinsi Riau pada Jumat pagi, Menteri ATR/Kepala BPN langsung bertolak ke Kabupaten Kampar. Pada agenda pertama ini, Menteri AHY mendampingi Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Pekanbaru-Padang, ruas Bangkinang-XIII Koto Kampar. Selanjutnya, ia kembali ke Kota Pekanbaru.

Di Pekanbaru, Menteri ATR/Kepala BPN akan meninjau langsung layanan pertanahan di Kantah Kota Pekanbaru dan menyerahkan 12 Sertipikat Tanah Elektronik. Sertipikat tersebut terdiri dari 5 sertipikat Barang Milik Daerah (BMD), 5 sertipikat Barang Milik Negara (BMN), dan 2 Sertipikat Hak Milik perorangan.

Menteri AHY juga akan menyerahkan sertipikat tanah hasil Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) kepada 42 kepala keluarga (KK) yang tinggal di Kelurahan Tebing Tinggi Okura, Kecamatan Rumbai Timur, Kota Pekanbaru. Penyerahan sertipikat akan dilakukan secara door to door ke rumah warga di kawasan tersebut.

Sebelumnya, masyarakat tersebut bermukim di tepian aliran Sungai Siak, lalu direlokasi di Kelurahan Tebing Tinggi Okura sejak tahun 2008. Hal itu dilakukan karena rumah tinggal warga sering terkena banjir dan terjadi abrasi, sehingga tidak memungkinkan untuk warga terus berada di daerah rawan bencana itu.


Atas bantuan salah seorang warga yang menghibahkan tanahnya untuk dijadikan daerah relokasi, serta dengan kerja sama yang baik antara Pemerintah Kota Pekanbaru, Dinas Kimpraswil Kota Pekanbaru, serta Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Riau, maka dibangunlah rumah dan fasilitas MCK keluarga bagi 50 KK.

Namun tak berhenti di situ, masyarakat masih merasakan kekhawatiran, karena belum memiliki kepastian hukum hak atas tanah rumah tinggal mereka. Sehingga, melalui program PTSL, hari ini akan diserahkan sebanyak 42 sertipikat.

Saat ini, mayoritas masyarakat mempunyai mata pencaharian sebagai petani dan berkebun. Masih di lokasi yang sama, Menteri ATR/Kepala BPN membagikan 20 sertipikat hasil Konsolidasi Tanah (KT) yang akan ia serahkan kepada tiga orang perwakilan penerima. Kegiatan KT ini merupakan strategi yang dilakukan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam penataan kawasan atau wilayah.

KT yang dilaksanakan di Kelurahan Tebing Tinggi Okura Kecamatan Rumbai Timur adalah penataan dalam rangka pembangunan badan jalan lingkar luar Kota Pekanbaru (outer ring road). Pelaksanaan KT ini berhasil melakukan penataan bidang tanah sebanyak 76 bidang dengan total luas 54,54 hektare.

Secara bersamaan, Menteri AHY juga menyerahkan 4 sertipikat tanah wakaf yang tanahnya terletak di empat kelurahan, yaitu Kelurahan Pebatuan, Industri Tenayan, Kulim, dan Tangkerang Barat. Sertipikat tersebut diperuntukkan bagi pembangunan sarana ibadah, pemakaman, dan Madrasah Diniyah Awaliyah.

Adapun sertipikat tanah wakaf ini merupakan bagian dari Gerakan Nasional Sertipikasi Rumah Ibadah dan Pesantren, sebagai bentuk komitmen Kementerian ATR/BPN dalam memberikan kepastian hukum bagi seluruh umat beragama, tanpa terkecuali dan tanpa diskriminasi.

Kemudian, pada hari kedua kunjungan kerjanya, yaitu Sabtu 1 Juni 2024. Menteri ATR/Kepala BPN bertolak ke Kota Dumai untuk mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila yang dilaksanakan di Lapangan Garuda PT Pertamina Hulu Rokan, Kota Dumai. Upacara ini dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Mengakhiri kunjungan kerjanya di Provinsi Riau, Menteri AHY akan meninjau Pelayanan Tanah Akhir Pekan (PELATARAN) di Kantah Kota Dumai. PELATARAN sendiri merupakan program Kementerian ATR/BPN untuk memudahkan masyarakat dalam proses pengurusan administrasi pertanahan di akhir pekan. Sehingga, masyarakat yang memiliki ragam kesibukan di hari kerja tetap bisa mengurus sertipikat dan urusan pertanahan lainnya pada akhir pekan.

Selain meninjau jalannya PELATARAN, di Kantah Kota Dumai ini Menteri AHY juga menyerahkan sedikitnya empat sertipikat BMD dan tiga sertipikat milik perorangan.