Pertamina RU II Sukses Gelar Donor Darah Dan Pemeriksaan VCT

Donor-Darah-Dan-Pemeriksaan-VCT-Pertamina-RU-II.jpg
(Andrias/Riau Online)

RIAU ONLINE, BENGKALIS - Pertamina Refinery Unit II Sungai Pakning menyelenggarakan acara Donor Darah dan Pemeriksaan VCT, Selasa 28 Mei 2024 di Gedung Budaya Loka Patra (Bulopa), Pertamina RU II. 

Acara ini bertujuan untuk mempromosikan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat melalui donor darah dan layanan Konseling dan Tes Sukarela (VCT).

Officer Health RU II Sungai Pakning, dr. Herdiansyah Hasibuan menyampaikan kegembiraannya atas respons antusias masyarakat yang mencapai target 225 pendonor darah sehingga mendapat sebanyak 225 kantong darah.   

"Kegiatan donor darah ini bertujuan utama untuk memastikan kesehatan dan vitalitas warga Sungai Pakning, menunjukkan komitmen komunitas dalam mendukung kesejahteraan," kata dr. Herdiansyah Hasibuan.

Sedangkan mewakili Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis, dr. Reky Khairunnas menyampaikan apresiasi atas kegiatan donor darah rutin yang dilaksanakan setiap tiga bulan.  

"Ucapan terima kasih yang tulus kepada Manager HSSE RU II Dumai, Bapak Reza Merizki Siregar, dan Section Head Health RU II, Dr. Hengki Ferdianto, atas dukungan dan dedikasi yang luar biasa dalam mendukung suksesnya acara ini. Kolaborasi dan komitmen yang telah ditunjukkan tidak hanya memberikan dorongan bagi kesuksesan acara saat ini, tetapi juga menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kualitas kerja sama di masa mendatang," ujarnya.


Sementara, Section Head HSSE Sei Pakning, Rahmat Haris menekankan manfaat kemanusiaan dan kesehatan dari acara ini, menyoroti peran penting donor darah dalam memenuhi kebutuhan medis darurat.  

Ia menekankan pentingnya pembersihan dan regenerasi darah untuk menjaga kesehatan dan vitalitas, serta mengucapkan terima kasih kepada PMI Bengkalis, PMI Siak dan Puskesmas Bukit Batu atas kerjasama dalam penyelenggaraan donor darah," ujar Rahmat Haris.

Lanjut Rahmat. Kolaborasi antara Pertamina RU II Sungai Pakning dan otoritas kesehatan setempat seperti PMI Kabupaten Bengkalis, PMI Siak dan Puskesmas Bukit Batu yang mencerminkan komitmen bersama terhadap kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, menunjukkan kekuatan persatuan dan tindakan kolektif dalam mempromosikan kesehatan dan

menyelamatkan nyawa.

"Acara ini tidak hanya menjadi wadah untuk berbagi kebaikan, tetapi juga sebagai momentum untuk memperkokoh jalinan sosial dan kepedulian antar warga. Dengan partisipasi yang luar biasa, acara donor darah dan pemeriksaan VCT ini telah memberikan dampak positif yang nyata bagi masyarakat Sungai Pakning," tuturnya.

Kegiatan ini, tambah Rahmat lagi.Menjadi bukti nyata bahwa kerjasama antara industri dan pemerintah dalam mendukung kesehatan masyarakat dapat menciptakan perubahan yang signifikan dan berkelanjutan. Dengan semangat gotong royong yang tinggi, masyarakat dan instansi terkait berhasil menyelenggarakan acara ini dengan sukses dan antusiasme yang luar biasa.

Selain memberikan manfaat langsung bagi peserta, acara ini juga memberikan peluang untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya donor darah sebagai upaya nyata dalam menyelamatkan nyawa. Dengan semangat kebersamaan, acara ini menjadi tonggak penting dalam memperkuat solidaritas dan kepedulian sosial ditengah masyarakat.

"Pertamina RU II Sungai Pakning berkomitmen untuk terus mendukung inisiatif kesehatan masyarakat dan berperan aktif dalam memajukan kesejahteraan bersama. Melalui kegiatan-kegiatan seperti ini, Pertamina RU II Sungai Pakning berharap dapat memberikan inspirasi dan dorongan positif bagi masyarakat sekitar untuk peduli akan kesehatan dan kesejahteraan bersama," pungkasnya.