Ribuan Jemaah Salat Idul Fitri di Polda Riau, Ajak Warga Jujur dan Berakhlak Mulia

Salat-id-di-Polda-Riau.jpg
(Dok. Polda Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ribuan warga Kota Pekanbaru dan personel Polda Riau melaksanakan ibadah Salat Idul Fitri di halaman upacara Mapolda Riau, Rabu, 10 April 2024.

Menggandeng Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Kelurahan Cinta Raja, Kecamatan Limapuluh Pekanbaru, Polda Riau siap mewujudkan kamtibmas.

Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal, bersama keluarga dan Wakapolda Brigjen Pol K. Rahmadi bersama para PJU Polda Riau ikut serta melaksanakan Salat Id.

Ustaz yang menjadi khatib lebaran, Nazhri menyampaikan beberapa poin penting tentang Ramadan telah dilalui di antaranya tentang kejujuran, tentang Taubat atas dosa dan perbuatan keji, tentang akhlak tingkah laku dan perbuatan.

"Ramadan mengajarkan kita tentang kejujuran jauh dari sifat pembohong, mengakui dan bertaubat atas dosa yang telah diperbuat serta akhlak tingkah laku perbuatan yang diajarkan selama ramadan," ujar Nazhri.


Sementara itu, Plt Kakanwil Kemenag Provinsi Riau ini Juga membahas tentang nilai-nilai mulia yang tak bisa dipisahkan dengan iman dan takwa.

"Sesungguhnya keimanan dan takwa tidak terpisah dari nilai-nilai kemuliaan," jelasnya.

Nazhri menjelaskan kalau bangsa Indonesia ini dibangun dengan religius, dan jangan sampai negara Indonesia dijauhkan dari agama.

"Sudah mulai ada yang ingin membawa agama dijauhkan dari negara dan membawa kearah sekuler, kita menjaga negara tetap religius adalah amalan dari pancasila, tentu religius yang mencerahkan dan memajukan ummat salah satunya dengan mewujudkan Akhlakul karimah sebagai karakter utama dalam kehidupan," jelasnya.

Di akhir khutbah, ustaz Muliardi mengajak semua bersyukur dan memohon kepada Allah SWT agar diberi hidayah kepada kita semua untuk tetap menjaga nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan sehari-hari. 

Suasana kebersamaan dan kesatuan semakin terasa dalam momentum yang sakral ini, memperkuat semangat untuk membangun Indonesia yang berlandaskan pada nilai-nilai agama dan kebajikan.

Usai melaksanakan ibadah, tampak para PJU dan warga saling bersalam-salaman sebagai wujud kebersamaan di hari yang Fitri.