5 Kawasan Rawan Banjir di Pekanbaru, Hampir 50 Kepala Keluarga Mengungsi

Banjir-Pekanbaru19.jpg
(Riau Online/Laras Olivia)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Hujan diperkirakan masih mengguyur Kota Pekanbaru hingga pekan ini. Kawasan rawan banjir pun terdampak, seperti pemukiman penduduk yang ada di Daerah Aliran Sungai (DAS).

Lokasi banjir menyebar di sejumlah kecamatan, di antaranya Rumbai, Rumbai Timur, Tenayan Raya, Bukit Raya, dan Marpoyan Damai. Banjir ini terjadi akibat meluapnya permukaan air Sungai Siak.

Akibatnya ratusan Kepala Keluarga (KK) di Kota Pekanbaru terdampak banjir yang berlangsung selama lebih dari sepekan. Mereka yang tercatat untuk sementara terdampak banjir mencapai 516 kepala keluarga (KK).

Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution menyebut, kondisi banjir yang terjadi akibat luapan dari aliran Sungai Siak. Mereka pun melakukan langkah antisipasi dengan mendirikan tenda darurat di wilayah terdampak banjir.

"Ini akibat luapan air Sungai Siak, akibatnya sejumlah pemukiman masyarakat terutama di Rumbai jadi terdampak," paparnya, Rabu 10 Januari 2024.


Ia menyebut tidak semua warga terdampak yang evakuasi ke tenda darurat. Warga yang mengungsi tidak sampai 50 KK pasca banjir. Tapi ia memastikan tenda pengungsian sudah berdiri.

Pemerintah melalui Dinas Sosial Kota Pekanbaru sudah menyuplai bahan makanan cepat saji. Ada juga tambahan makanan harian berupa nasi bungkus bagi warga.

"Ada juga tim dokter yang memberi pengobatan gratis kepada masyarakat terdampak banjir," sebutnya.

Pemerintah juga berupaya mengantisipasi banjir terjadi di titik rawan banjir. Ia menyebut, ada sejumlah dinas terkait terlibat dalam upaya antisipasi banjir.

"Kita juga siagakan peralatan yang ada di BPBD dan dinas lainnya, untuk membantu upaya evakuasi nantinya," jelasnya.