Punya Banyak PR, Begini Strategi Plt Kadis LHK Pekanbaru Atasi Masalah Sampah

Sampah-menumpuk-di-sudut-kota.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sejumlah Pekerjaan Rumah (PR) masih harus dibereskan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru dalam membenahi permasalahan sampah.

Saat ini, posisi Kepala DLHK Kota Pekanbaru dijabat Ingot Ahmad ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) setelah Kepala DLHK sebelumnya, Hendra Afriadi dibebastugaskan dari jabatan.

"Satu PR tersebut yakni membenahi tata kelola sampah. Penekanan dari Pak Pj Wako kepada tata kelola sampah, sistemnya kita perbaiki," ujar Plt Kepala DLHK Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut, Jumat 22 Desember 2023.

Ia menyampaikan, secara bertahap sistem pengelolaan sampah Kota Pekanbaru bakal diperbaiki. Pihaknya memperbaiki sistem pengangkutan sampah dengan pihak ketiga.

"Untuk sistem dalam juga segarkan, eksternal juga dengan pihak ketiga yang mengangkut sampah," jelasnya.


Ingot menegaskan bahwa jajaran ASN dan THL di lingkungan DLHK Kota Pekanbaru harus satu gerakan. Ia pun berencana melakukan penyegaran terhadap sistem internal yang ada.

"Seluruh jajaran DLHK ini harus satu gerakan, memiliki harmonisasi bergerak memberikan layanan persampahan," ungkapnya.

Lebih jauh ia mengatakan, DLHK tidak cuma menangani permasalahan sampah saja. Namun juga menangani permasalahan lingkungan hidup masyarakat.

"Sampah memang ada bidang kerjanya, tapi permasalahan limbah juga tetap jadi perhatian, intinya persoalan lingkungan jadi permasalahan penting juga," sebutnya.

Ingot menyampaikan, berdasarkan arahan dari Pj Wali Kota Pekanbaru tidak hanya membenahi tata kelola sampah. Pihaknya bakal menyempurnakan kontrak kerjasama dengan pihak ketiga.

"Kita juga lakukan perkuatan kelembagaan di DLHK, di UPT serta satuan lainnya di bawah DLHK, sehingga bisa berjalan dengan harmonis," tutupnya.