Puluhan CCTV Bakal Pantau Juru Parkir di Kota Pekanbaru

Jukir-di-Sudirman.jpg
(Rahmadi Dwi Putra/RIAUONLINE.CO.ID)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Aktivitas juru parkir di Kota Pekanbaru bakal dipantau CCTV atau kamera pengawas. Adanya CCTV ini untuk mengoptimalkan pengawasan selama 24 jam.

"Kami dengan pihak ketiga sedang menyiapkan CCTV untuk pengawasan lokasi parkir di Pekanbaru," ujar Kepala UPT Perparkiran Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru, Radinal Munandar, Jumat 22 Desember 2023.

Pada tahap awal penerapannya berlangsung di sepanjang titik parkir yang masuk Zona I. Lokasinya meliputi sejumlah ruas jalan seperti Jalan Tuanku Tambusai dan Jalan Jenderal Sudirman.

Ia memaparkan, pada tahap awal ini CCTV untuk mengawasi aktivitas parkir menyebar di sekitar 20 titik parkir. Jumlah CCTV yang terpasang bisa bertambah hingga 440 titik.

Dishub menggandeng pihak ketiga yang mengelola parkir di Zona I yakni PT Yabisa Sukses Mandiri (YBS). Pihak ketiga memasang langsung CCTV di puluhan titik parkir.

"Dalam proses, nanti dalam waktu beberapa hari pemasangan, akan kami imbau, akan kami sampaikan, lokasi-lokasi yang dipasang," jelasnya.


Radinal memastikan puluhan titik parkir bakal terpasang CCTV hingga akhir tahun 2023 ini. Petugas bisa memantau dari jauh kondisi terkini di titik parkir yang ada.

Ia menyebut bahwa dashboard CCTV ini sudah ada di Kantor UPT Perparkiran Dishub Kota Pekanbaru. "Nanti kita bisa turun ke lapangan, ke kantor bagaimana CCTV ini bekerja," sebutnya.

CCTV nantinya bergerak dengan kontrol yang ada. Kamera bisa digerakkan ke atas, kiri, kanan dan bawah. Adanya CCTV ini juga membantu merekam situasi di lokasi parkir. 

Radinal menilai upaya meningkatkan pengawasan ini seusai rekomendasi dari Ombudsman Riau. Pihaknya juga sudah memberikan buku saku kepada para juru parkir.

"Penekanan dari Ombudsman, pelayanan juga harus ditingkatkan dengan menambah pengawasan lewat CCTV di titik keramaian yang padat," kata Radinal.

Pihaknya juga melakukan pengawasan dengan menerjunkan anggota dari UPT Perparkiran guna mengawasi titik yang terdapat juru parkir.

Mereka tidak cuma mengawasi tapi juga memeriksa kelengkapan atribut. Tim juga memeriksa ketersediaan karcis di lokasi parkir.