Angka Stunting di Kota Pekanbaru Turun dari Tahun Lalu

Stunting4.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Angka prevalensi stunting atau gangguan pertumbuhan terhadap anak di Kota Pekanbaru diprediksi turun pada 2023. Penurunan Angka prevalensi stunting diprediksi bisa mencapai lima persen.

"Semoga kita bisa di bawah lima persen di tahun ini untuk angka prevalensi stunting. Paling tidak yang di angka 10 persen, target nasional kan 14 persen," kata Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun.

Menurutnya, upaya percepatan menurunkan angka stunting terus dilakukan pemerintah kota. Apalagi Kota Pekanbaru merupakan daerah transit, sehingga arus urbanisasi dari sejumlah daerah tidak terhindarkan.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdalduk KB) Kota Pekanbaru, Muhammad Amin tidak menampik bahwa angka prevalensi stunting di Kota Pekanbaru sempat naik pada 2022 lalu. 

Angka prevalensi stunting saat itu 16,8 persen. Padahal pada 2021 angka prevalensi stunting 11,4 persen. Kenaikan ini menjadi catatan tersendiri bagi Disdalduk KB Kota Pekanbaru.


Amin menambahkan bahwa hasil pemantauan melalui Elektronik-Pencacatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat pada tahun 2022 tercatat 318 anak mengalami stunting. Sedangkan pada tahun ini hingga September 2023 sudah turun jadi 203 anak.

"Dari dua data ini kita optimis, Kota Pekanbaru tingkat prevalensi stunting bisa turun di tahun ini," paparnya.

Ada sejumlah strategi untuk mencegah stunting di antaranya mencegah remaja putri tidak anemia. Mereka pun harus mendapat pil penambah darah.

Kemudian para calon pengantin nanti bisa memiliki sertifikat Elektronik Siap Nikah Siap Hamil (elsimil). Pemerintah kota pun sudah melakukan kesepakatan dengan Kantor Kementerian Agama Pekanbaru untuk percepatan penanganan stunting.

Pemerintah kota juga berupaya melakukan pendampingan ibu hamil. Ia menyebut pada tahun lalu ada 70.000 lebih anak berisiko stunting turun pada tahun ini menjadi 35.000.

"Tim terus melakukan upaya pendampingan bagi ibu hamil bersama tim kesehatan. Bayi dua tahun dan ibu nifas juga mendapat pendampingan agar mencegah anaknya mengalami stunting," tandasnya.