Polda Riau Fokus Amankan Jalur Mudik Rawan Longsor dalam Operasi Lilin LK

Kapolda-Riau-usai-apel-Operasi-lilin.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Polda Riau memprioritaskan pengamanan di jalur mudik yang rawan longsor di Jalan Lintas Sumatera Barat (Sumbar) dan Sumatera Utara (Sumut) selama libur natal dan tahun baru. Pengamanan dalam Operasi Lilin Lancang Kuning (LK) ini bakal dimulai, Jumat, 22 Desember 2023, esok.

Hal itu diungkapkan Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal, usai memimpin Apel Gelar Pasukan di halaman Mapolda Riau, Kamis, 21 Desember 2023.

"Selain jalur mudik, kawasan tersebut juga sangat rawan terjadi longsor, terlebih menurut prediksi BMKG curah hujan beberapa hari ke depan akan tinggi," kata Irjen Iqbal.

Irjen Iqbal menjelaskan pihaknya telah mendirikan 36 pos pengamanan dan 18 pos pelayanan hingga 12 hari ke depan.

Personel gabungan yang disiagakan terdiri dari TNI, Polri, Dinas Perhubungan, Basarnas, Satpol PP, Tenaga Kesehatan, PLN dan lainnya.


"Total yang bertugas adalah 2.803 personel. Jumlah itu bisa saja bertambah sesuai situasi dan kondisi di lapangan," ungkapnya.

Jenderal bintang dua itu mengatakan Operasi Lilin Lancang Kuning digelar dalam rangka pengamanan natal dan tahun baru. Ia menyebut operasi ini akan berlangsung mulai besok hingga 2 Februari 2024.

"Kemarin kita mulai rapat koordinasi, hari ini sudah kita turunkan langsung ke polres jajaran, forkopimda untuk segera diintensifkan. Operasi ini digelar mulai 21 Desember 2023 hingga 2 Februari 2024," ungkapnya.

Tak hanya menjaga lalu lintas, personel gabungan juga disiagakan di tempat-tempat ibadah hingga tempat wisata.

"Kita tunjukkan bahwa toleransi umat beragama di Provinsi Riau sangat baik, kita sudah berkoordinasi dengan seluruh pemuka agama di Riau untuk sama-sama menjaga keamanan dan kedamaian," pungkasnya.