Hujan Masih Bakal Guyur Riau, Waspadai Angin Kencang dan Petir

Cuaca-Ekstrem.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE PEKANBARU - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru memprediksikan cuaca di Riau akan didominasi oleh hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, Kamis 21 Desember 2023. 

"Namun hujan bersifat tidak merata, hanya terjadi di beberapa wilayah di Riau saja, ujar Forecaster On Duty BMKG Pekanbaru, Yasir P.

Ia menjelaskan, pada pagi hari, potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diprediksi terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hilir, Kampar, Bengkalis, Siak, Kuantan Singingi, Pelalawan, Kota Dumai, dan Pekanbaru.

Disusul siang hingga sore hari, cuaca di sebagian besar wilayah Riau diprediksi cerah berawan hingga berawan dengan potensi hujan ringan hingga sedang.



Sedangkan, pada malam hari, potensi hujan kembali diprediksi terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Rokan Hulu, Indragiri Hulu, dan Pelalawan. Termasuk juga di kabupaten Bengkalis, Siak, Kuantan Singingi, Kota Dumai, dan Pekanbaru.

"Dini hari, potensi hujan ringan hingga sedang masih berpotensi terjadi di sebagian wilayah yang sama," tuturnya.

Lanjut Yasir, BMKG mengeluarkan peringatan dini agar masyarakat waspada terhadap potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah Riau pada pagi dan siang hari, serta sore dan malam hari.

Sementara, suhu udara di Riau berkisar antara 22.0–32.0 derajat celcius dengan kelembaban udara 60–99 persen. Angin bertiup dari arah Barat Laut–Timur Laut dengan kecepatan 10-30 km per jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.01–0.50 meter.