Jelang Keberangkatan ke Tanah Suci, Jemaah Haji Pekanbaru Diimbau Jaga Kesehatan

ilustrasi-jemaah-haji.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, berpesan agar para jamaah haji bisa menjaga kesehatan jelang keberangkatan ke tanah suci. Mereka yang dalam kondisi sehat agar bisa melaksanakan ibadah haji dengan baik.

"Kami mengimbau agar para jamaah bisa menjaga kesehatannya jelang berangkat ke tanah suci," ujarnya, Senin 8 Mei 2023.

Indra mengatakan ada 744 jemaah haji ikut dalam manasik haji yang berlangsung di Masjid Nurussalam, Kota Pekanbaru. Ia menilai manasik haji ini seperti latihan bagi para jemaah haji asal Kota Pekanbaru. 

Dirinya berharap agar para jemaah bisa mengikuti manasik haji dengan baik. Ia juga bersyukur kuota haji bagi jemaah haji asal Kota Pekanbaru meningkat pada tahun lalu. 


Indra mengatakan bahwa dalam kondisi yang berangsur normal jumlah ke depan jemaah makin banyak yang berangkat. Namun banyak dari jemaah yang bakal berangkat ke tanah suci sudah lanjut usia.

"Kami berdoa agar para jemaah haji yang berusia sepuh bisa menjalankan rangkaian ibadah haji dengan baik nantinya di tanah suci," ulasnya.

Sebelumnya, jemaah calon haji (JCH) telah menyelesaikan proses vaksinasi Meningitis pada 15 April 2023 lalu. Para JCH lagi harus merampungkan proses vaksinasi paling lambat dua pekan sebelum keberangkatan ke Tanah Suci Mekkah.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldy mengatakan, vaksinasi Meningitis ini harus sudah dilakukan hingga H-14 sebelum keberangkatan.

"Kalau belum juga divaksin hingga batas waktu yang ditentukan, artinya JCH ini tidak boleh berangkat ke Tanah Suci," jelasnya.