Kios Sementara Pasar Cik Puan Belum Dialiri Listrik, Ada Tunggakan Rp 60 Juta

Kios-sementara-pasar-cik-puan2.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Para pedagang belum seluruhnya menempati kios sementara di Pasar Cik Puan. Alasannya karena mayoritas kios ternyata belum memiliki aliran listrik.

Saat ini baru tujuh kios yang sudah terpasang meteran listrik. Sedangkan total kios sementara di area Pasar Cik Puan mencapai 220 kios. Ada 213 kios lagi belum terpasang meteran listrik.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, Zulhelmi Arifin tidak menampik bahwa ratusan kios sementara di Pasar Cik Puan belum dialiri listrik. Ada ratusan kios yang meterannya belum terpasang hingga saat ini.

Zulhelmi menjelaskan bahwa pihak PLN belum memasang meteran karena ada tagihan listrik sebesar Rp 60 juta. Tagihan listrik yang menunggak adalah tagihan listrik pedagang.


Dirinya menyampaikan bahwa tagihan listrik  Kondisi tersebut membuat PLN belum memasang meteran listrik di kios tersebut. 

"Belum terpasang karena PLN menagih tunggakan listrik pedagang sebesar 60 juta rupiah," ungkapnya, Senin, 8 Mei 2023.

Dirinya menegaskan bahwa tidak mungkin pemerintah kota membayar tagihan karena bukan tanggungjawab pemerintah. Ia berencana melakukan pertemuan dengan para pedagang.

Pihaknya mengumpulkan para pedagang untuk koordinasi terkait tunggakan listrik pedagang Pasar Cik Puan. 

"Kalau tunggakan itu belum dibayar, aliran listrik baru tidak bisa masuk. PLN bakal memasang setelah tagihan itu lunas," tandasnya.