Pekan Ini Pedagang Pasar Cik Puan Segera Tempati Kios Sementara

Zulhelmi-Arifin1.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pembangunan kios sementara di Pasar Cik Puan sudah seratus persen. Para pedagang bisa menempati kios mulai pekan ini. Ada sebanyak 220 kios yang dibangun di lokasi bekas kebakaran Februari 2023 lalu.

Proses pembangunannya berlangsung selama empat pekan. Saat ini hanya tinggal pengerjaan akses jalan bagi angkutan barang dan akses jalan bagi pengunjung. Instalasi listrik di seluruh kios pun sudah terpasang.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, Zulhelmi Arifin menegaskan, pengerjaan seluruh kios sementara sudah tuntas. Mereka saat ini sedang menggesa pengerjaan akses jalan dan tempat bagi pedagang kaki lima (PKL).

"Kalau untuk kiosnya sudah selesai, 220 unit. Tinggal lagi akses jalan dan kaki limanya supaya cepat selesai," paparnya di sela meninjau lokasi pembangunan kios sementara Pasar Cik Puan, Minggu 9 April 2023.

Proses penempatan calon pedagang yang bakal menempati kios sementara sudah dilakukan. Ia menyebut hingga saat ini masih ada masukan dari pedagang setelah pengundian dilakukan.


Pihaknya masih menginventarisir ulang karena ada pedagang yang ternyata belum mendapat kios sementara. 

"Kita tidak mau setelah kita serahkan, nanti akan ada ribut antar pedagang," ujarnya.

Zulhelmi menjelaskan, bagian depan Pasar Cik Puan nantinya steril untuk kawasan parkir kendaraan pengunjung. Ia mengaku sudah mengatur sirkulasi jalan bagi para barang dagangan dan pengunjung.

Pihaknya juga menyiapkan langkah antisipasi agar tidak terjadi arus pendek jaringan listrik. Apalagi Pasar Cik Puan Pekanbaru sudah belasan kali mengalami kebakaran hebat.

"Maka kita butuh jalan yang luas dan juga kita siapkan untuk racun api dan hydrant. Kita tidak ingin bencana kebakaran ini terulang kembali," tuturnya.