Ade Hartati Nilai Peralihan Anggaran Mobil Listrik Pemko Pekanbaru Tak Relevan

Mobil-listrik-baru-pejabat-riau.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAUONLINE.CO.ID)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Anggota DPRD Riau Dapil Kota Pekanbaru, Ade Hartati Rahmat, turut angkat suara menanggapi kebijakan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru yang mengalihkan pembelian mobil listrik untuk perbaikan infrastruktur. Namun, Ade menyebutkan langkah tersebut sangat tidak relevan.

"Pemko berusaha memaksimalkan perbaikan ruas jalan dari menunda kebijakan pengadaan mobil listrik? Saya pikir kebijakan tersebut juga tidak akan banyak dampaknya bagi program dan kegiatan perbaikan ruas jalan di Kota Pekanbaru," kata Ade, Senin, 10 April 2023.

Menurut Ade, sebaiknya Pemko Pekanbaru memprioritaskan perbaikan infrastruktur dasar terlebih dahulu, baik dari ruas jalan yang merupakan jalan poros, jalan lingkungan padat penduduk hingga normalisasi parit sebagai langkah awal meminimalisir banjir.

"Pertanyaannya, apakah anggaran perbaikan infrastruktur jalan di Kota Pekanbaru ini sudah diakomodir maksimal di APBD Pekanbaru” tanyanya.

"Saya kok pesimis ya. Mengingat sumber pendapatan asli daerah Kota Pekanbaru, terutama dari retribusi dan pajak tidak masuk ke PAD secara maksimal. Seperti adanya kebijakan menggunakan pihak ketiga yang justru merugikan kota," tegas Ade.


Politikus PAN itu menilai kebijakan yang diambil Pemko Pekanbaru itu hanya ingin menarik simpati masyarakat saja.

"Pemko jangan hanya bermain di kebijakan-kebijakan populis saja. Persoalan di kota ini menggurita, dari persoalan infrastruktur, sosial, pendidikan, kesehatan dan lainnya," tuturnya.

"Akan berbeda jika kebijakan yang diambil adalah merubah regulasi terkait retribusi dan pajak sebagai sumber pendapatan asli daerah. Hal ini mungkin yg sangat relevan yang seharusnya dilakukan," tambah Ade.

Meski begitu, Ade tetap menghargai jika Pemko Pekanbaru yang mengambil kebijakan untuk menunda pembelian mobil listrik.

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Muflihun lebih memilih anggaran yang ada digunakan untuk memperbaiki jalan rusak ketimbang membeli mobil dinas mewah tanpa minyak itu.