Rekam Jejak Sekda Riau, Jadi Bulan-bulanan Gegara Istri Doyan Flexing Kemewahan

Sekdaprov-Riau-klarifikasi.jpg
(Suara.com/Eko Faizin)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto, menjadi bulan-bulanan publik setelah sang istri pamer gaya hidup hedon di media sosial.

Dalam foto yang dibagikan akun Twitter @PartaiSocmed, istri Sekdaprov Riau, Adrias Hariyanto, kerap berfoto dengan menenteng tas mahal bermerek, seperti Hermes dan Gucci yang harganya bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Menanggapi hal itu, Sekda yang kerap disapa Anto itu berdalih bahwa tas-tas tersebut merupakan barang KW alias tiruan.

"Sudah saya kroscek, misalnya tas salah satu brand yang disebutkan seharga ratusan juta, itu sangat tidak benar. Karena itu barang KW dan dibeli dengan harga berkisar antara Rp2-5 juta di Mangga Dua Jakarta. Itu tokonya masih ada, silahkan di-kroscek," kata SF Haryanto, dikutip dari jaringan RIAU ONLIN, Suara.com, Senin 20 Maret 2023.

SF Hariyanto seakan menambah daftar panjang pejabat yang pamer harta kekayaan di media sosial. Rekam jejak SF Hariyanto pun kini menjadi sasaran publik.

SF Hariyanto sebelum menjabat Sekdaprov Riau di bawah kepemimpinan Gubernur Riau, Syamsuar, sebelumnya sempat berkarir di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Jakarta.


Pada 2018, Anto dipercaya untuk mengisi jabatan Inspektur II di Inspektorat Jenderal Kementerian PUPR.

Anto bukan sosok yang asing lagi di birokrasi Provinsi Riau. Ia sempat menduduki beberapa jabatan penting di Bumi Lancang Kuning, yakni epala Dinas Pekerjaan Umum Riau, Staf Ahli Gubernur Bidang Pembangunan dan Kepala Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Riau.

Pria yang telah melalang buana di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau itu memiliki harta kekayaan hampir menyentuk nomor Rp 10 miliar.

Menurut Laporan Harta Kekayaan Penyelengara Negara (LHKPN) KPK, total harta kekayaan ANTI sebesar Rp 9,38 miliar yang ia laporkan pada 2020 silam.

Anto juga memiliki satu unit mobil Toyota Velfire dan satu unit sepeda motor jenis Honda Phantom. Jika ditotal, maka kedua kendaraan tersebut memiliki nilai Rp 451,5 juta.

Haryanto juga melaporkan memiliki harta bergerak lainnya sebesar Rp 216,2 juta. Sementara uang dalam bentuk kas dan setara kas sebesar Rp 217,7 juta. Kendati begitu, SF Hariyanto juga berutang sejumlah Rp 132 juta.

Hal ini membuat publik semakin ragu dengan pernyataan Anto yang menyebut tas sang istri KW.