Riau Tuan Rumah Hari Desa Asri Nusantara, Syamsuar: Wujudkan Lingkungan Asri

Wapres-hadir-hari-desa-di-riau.jpg
(SOFIAH/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PELALAWAN - Provinsi Riau ditunjuk sebagai tuan rumah peringatan Hari Desa Asri Nusantara, tepatnya di Desa Makmur, Kabupaten Pelalawan, Senin 20 Maret 2023. Acara yang ditaja oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) ini dihadiri Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Kedatangan RI 2 dan rombongan dari Kemendes PDTT itu disambut hangat oleh Gubernur Riau, Syamsuar dengan tari persembahan khas Bumi Lancang Kuning.

Gubernur Riau, menyampaikan terima kasih atas ditunjuknya Kabupaten Pelalawan, Riau, ditunjuk sebagai tuan rumah peringatan Hari Desa Asri Nusantara 2023.

"Peringatan ini untuk mengingatkan kepentingan bersama akan pentingnya upaya mewujudkan lingkungan yang asri dengan pepohonan yang mempunyai fungsi penting untuk kehidupan. Riau berkomitmen mewujudkan lingkungan yang lebih baik melalui program Riau Hijau dengan meningkatkan tiga kebijakan," janjinya. 

Tiga kebijakan itu, kata Syamsuar yakni meningkatkan pengendalian kerusakan lingkungan, meningkatkan kualitas sumber daya alam, dan meningkatkan pembaruan energi dari sumber daya alam terbarukan.


"Kebijakan ini diharapkan akan mendukung komitmen pemerintah dalam mewujudkan pembangunan rendah karbon dan emisi gas rumah kaca melalui rencana kerja. Peran serta masyarakat sangat diperlukan dalam hal ini untuk menjadi kunci keberhasilan bersama," jelasnya.

Untuk menggalakkan penghijauan dan rehabilitasi, pada 2022 telah dilakukan distribusi dan penanaman lebih dari 3 juta bibit baik di lahan gambut maupun mangrove, serta melalui kegiatan kebun milik rakyat maupun desa. Kemudian, melalui UPT balai benih tanaman hutan pun telah mendistribusikan 1 juta bibit buah-buahan dan produksi di seluruh Riau.

Dalam pelaksanaannya mendapat dukungan masyarakat desa serta dari BRGM, LHK, LSM, pelaku usaha melalui DAS. 

"Melalui peringatan hari desa ini, kami berharap agar masyarakat desa pun semakin baik untuk mewujudkan yang asri dan berguna bagi masyarakat," harapnya.