Selama 2 Hari, Pekanbaru Job Fair Diserbu Hampir 3 Ribu Pencari Kerja

Pencari-kerja-di-job-fair.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ribuan pencari kerja masih berdatangan ke lokasi Pekanbaru Job Fair 2023 hingga Kamis 9 Maret 2023. Mereka melayangkan lamaran pekerjaan pada ajang pameran kesempatan kerja yang berlangsung secara hybrid.

Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Pekanbaru mencatat selama dua hari, pelamar hampir menyentuh tiga ribu orang. Total jumlah pencaker yang mendatangi pameran kesempatan kerja ini mencapai 2.876 orang hingga, Rabu 8 Maret 2023.

Satu hari saja jumlah pencaker yang memadati arena Pekanbaru Job Fair Hybrid 2023 mencapai 1.500 orang. Mereka yang datang tidak hanya dari Kota Pekanbaru, ada juga dari Perawang, Dumai, Bengkalis dan provinsi tetangga. 

"Selama dua hari ini, dari data yang ada, jumlah pencaker yang datang ke Pekanbaru Job Fair Hybrid 2023 sudah hampir tiga ribu orang," ujar Kepala Disnaker Kota Pekanbaru melalui Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja, Abdul Rahim.

Dirinya mengatakan, lowongan kerja paling banyak yang tersedia pada pameran kesempatan kerja kali ini yakni sektor keuangan. Jumlahnya mencapai 792 lowongan kerja.


Selanjutnya, lowongan kerja bidang perdagangan juga cukup banyak sejumlah 535. Lowongan lainnya yang tersedia yakni sektor pengolahan sebanyak 83 lowongan, sektor angkutan sebanyak 87 lowongan dan jasa kemasyarakatan sebanyak 32 lowongan.

Pekanbaru Job Fair kembali digelar setelah tiga tahun vakum akibat pandemi Covid-19. Namun akhirnya Pekanbaru Job Fair kembali digelar berbeda tahun ini karena berlangsung secara hybrid.

Pekanbaru Job Fair kali ini tidak cuma diikuti oleh 44 perusahaan saja secara langsung di lokasi acara. Adanya dukungan Pusat Pasar Kerja Kementerian Tenaga Kerja RI terbuka lowongan secara online.

Para pencari kerja bisa melayangkan surat lamaran secara online ke sebelas perusahaan skala nasional di luar Kota Pekanbaru. Ada perusahaan dari Padang, Makasar, Tulungagung, Surabaya dan sejumlah kota lainnya.