Pelayanan Amiduk di Disdukcapil Sudah Bisa Diakses Masyarakat Pekanbaru

Amiduk-Disdukcapil-Pekanbaru.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Layanan administrasi kependudukan (Amiduk) di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru sudah beraktivitas seperti biasa.

Para pegawai tampak melayani masyarakat yang datang untuk mengurus Kartu Keluarga (KK), KTP hingga dokumen kependudukan lainnya. Meski begitu, jumlah pengunjung yang datang belum ramai seperti biasanya.

Kondisi ini pasca kebakaran hebat di komplek Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru akhir pekan kemarin. Aktivitas pelayanan di beberapa kantor sempat terhenti selama dua hari.

Namun jaringan internet dan listrik di Kantor Disdukcapil sudah pulih kembali sejak, Rabu 8 Maret 2023. Sejumlah masyarakat berdatangan ke kantor layanan di Jalan Jenderal Sudirman tersebut.

Satu pengunjung, Suryani mengaku sudah menunggu dua hari untuk mengaktifkan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Dirinya sangat butuh agar NIK miliknya segera terhubung.


"Ini untuk layanan jaminan kesehatan, makanya harus aktifkan NIK dulu, baru bisa aktif layanannya," ujarnya, Kamis 9 Maret 2023.

Dirinya langsung bergegas ke MPP Pekanbaru untuk mengakses layanan Dukcapil. Ia membawa serta sejumlah dokumen untuk mengaktifkan NIK miliknya.

Kepala Disdukcapil Kota Pekanbaru, Irma Novrita tidak menampik layanan Dukcapil di komplek MPP Pekanbaru sempat terhenti dua hari. Ia memastikan jaringan komunikasi data serta jaringan listrik sudah pulih.

"Kita kembali membuka layanan, karena masyarakat sangat membutuhkan layanan administrasi kependudukan, terutama untuk layanan publik lainnya," paparnya.