Pasca Kebakaran MPP, Sekdako Pekanbaru: Pelayanan Sudah Berangsur Pulih

Indra-Pomi15.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kebakaran hebat di gedung utama Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru, Minggu 5 Maret 2023, menyisakan banyak kerusakan. Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru pun sudah menginventarisir dampak kebakaran MPP Pekanbaru.

"Secara fisik banyak kerusakan, ada kerusakan server, bangunan hingga jaringan listrik. Kita berupaya segera beroperasi kembali," ujar Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, Kamis 9 Maret 2023.

Indra mengaku sudah menggelar rapat dengan dinas terkait guna menggesa persiapan beroperasinya kembali. Untuk saat ini masyarakat sudah bisa mengakses layanan kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru.

"Karena kan tersistem, servernya tidak terpisah, pelayanan sudah berangsur pulih," jelasnya.

Dirinya menyebut, seluruh infrastruktur pelayanan gerai perizinan dan non perizinan dalam gedung utama MPP Pekanbaru sudah hancur. Aset yang ada memang sudah terbakar dan tinggal puing hari ini.


Sementara, kata Indra, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru sudah bisa mengaktifkan layanan Online Single Submission (OSS). Ia menyebut sebagian besar layanan di MPP Pekanbaru masih bisa berjalan. 

"Secara fisik operasional MPP, itu kita pindahkan ke gedung C MPP, untuk mengambil langkah ke depannya," ulasnya.

Dirinya mengatakan bahwa DPMPTSP Kota Pekanbaru bakal berkantor di Gedung C Komplek MPP Pekanbaru. Proses pemindahan sudah dilakukan secara bertahap.