Wisatawan Mancanegara Ramai Kunjungi Riau, Pemprov Diminta Bikin Festival

Wisatawan-asing.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Wakil Ketua Komisi II DPRD Riau, Zulfi Mursal, menyoroti ramainya kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Provinsi Riau.

Dengan peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara ini, Zulfi berharap Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dapat memberikan pelayanan terbaik bagi pengelola pariwisata di Riau.

"Ini berbanding lurus akan adanya peningkatan PAD Riau yang diperuntukkan kepada pembangunan masyarakat. Kami berharap di akhir tahun nanti akan ada peningkatan yang lebih signifikan," ujar Zulfi, Jumat, 10 Februari 2023.

Politikus PAN itu menyarankan, agar Pemprov Riau menciptakan festival bagi tempat pariwisata di Riau guna meningkatkan pelayanan.


"Jika perlu, kita adakan festival dan Pemerintah Provinsi dalam hal ini Dinas Pariwisata dapat memberikan reward bagi pengelola agar mereka bisa memberikan pelayanan, kualitas dan fasilitasnya," sarannya.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat sejumlah wisatawan mancanegara datang ke Provinsi Riau pada Desember 2022. Pada data BPS tercatat ada sebanyak 5.280 kunjungan, naik 123,44 persen dari bulan sebelumnya.

Wisatawan mancanegara masuk melalui tiga pintu masuk yakni Pelabuhan Dumai, Pelabuhan Bengkalis dan juga melalui Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru. Adapun  jumlah wisatawan mancanegara yang masuk melalui pelabuhan Dumai sebanyak 2.617 kunjungan atau 49,56 persen dari seluruh jumlah wisman.

Kemudian yang melalui pelabuhan Bengkalis ada sebanyak 686 kunjungan atau 12,99 persen, sedangkan jumlah wisman yang tercatat masuk dari Bandara SSK II sebanyak 1.977 kunjungan wisman atau 37,44 persen dari seluruh jumlah wisman. (Adv Pemprov Riau)