Pemangku Kepentingan Pendidikan Dukung Program PINTAR Tanoto Foundation Riau

Tanoto-Foundation-di-Pemko.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Tanoto Foundation Riau menggelar pertemuan bersama pemangku kepentingan Pemerintah Kota Pekanbaru, melalui acara District Stakeholder Meeting di Aula Kantor Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Kamis 9 Februari 2023.

District Stakeholder Meeting ini bertujuan memaparkan capaian dan lesson learn Program PINTAR tahun 2022, menyampaikan fokus Program PINTAR tahun 2023, kebutuhan dukungan Mitra dalam pelaksanaan kegiatan program PINTAR dan membuat rencana tindak lanjut bersama kegiatan dan dukungan mitra Program PINTAR.

Program Pengembangan Inovasi untuk Kualitas Pembelajaran atau PINTAR, Tanoto Foundation Riau ini pun mendapatkan apresiasi dari sejumlah pemangku kepentingan Pemerintah Kota Pekanbaru.

"Kami mengapresiasi atas apa yang telah dilakukan oleh Tanoto Foundation melalui Program PINTAR yang telah bekerjasama hampir 5 tahun. Oleh karena itu, program ini harus didukung dan diaplikasikan oleh pemangku kepentingan," jelas Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Muzailis.

Menurut Muzailis, pihaknya sudah mendapatkan hasil yang dilakukan oleh Tanoto Foundation terkait praktik pembelajaran yang membaik dibandingkan dengan tahun sebelumnya. 

"Sesuai dengan arahan Pj wali kota melalui Kepala Dinas Pendidikan Pekanbaru bahwa kerjasama ini tetap dilanjutkan untuk meningkatkan mutu pendidikan kota Pekanbaru serta mempertahankan prestasi-prestasi yang sudah tercapai selama kerjasama ini terjalin," paparnya.


Provincial Coordinator Tanoto Foundation Riau Dendi Satria Buana mengatakan, dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan para pemangku kepentingan mengetahui capaian program PINTAR 2022 dan fokus program PINTAR 2023. Kemudian mendapatkan dukungan mitra melalui regulasi/penegasan kepada sekolah maupun gugus untuk mengimplementasikan Program PINTAR serta komitmen terhadap kehadiran dalam pelaksanaan kegiatan.

Dendi Satria Buana menambahkan konsep program kegiatan Tanoto Foundation menyelaraskan kegiatan dengan Sustainable Development Goals SDGs tujuan 4 pendidikan berkualitas. 

"Tanoto Foundation pada tahun 2023 mempunyai tiga fokus program salah satunya mendukung suksesnya Implementasi Kurikulum Merdeka IKM dan Platform Merdeka Mengajar masuk perencanaan berbasis data," jelasnya.

District coordinator Pekanbaru Dwi Wahyu Alfajar memaparkan hasil dan capaian Program PINTAR 2022 Kota Pekanbaru. Untuk mengukur keberhasilan program, mereka menggunakan Aplikasi Pemantauan Sekolah (APS). APS ini menjadi alat program PINTAR untuk melihat kondisi sekolah mitra dalam mengimplementasikan program.

"Data APS ini juga digunakan sebagai data pendukung beberapa indikator keberhasilan program (district graduate). Berdasarkan hasil pemantauan menggunakan APS didapatkannya hasil bahwa untuk Kota Pekanbaru meraih predikat Graduate District," jelasnya.

Dirinya menambahkan, selama tahun 2022 Program PINTAR ada beberapa kegiatan rutin yang dilakukan. Program ini di antaranya pelatihan kepada guru dan kepala sekolah, pelatihan kepada duta orang tua dan pelatihan parenting kepada orang tua siswa.

Selain Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, pertemuan juga dihadiri Kemenang Pekanbaru, Balai Penjamin Mutu Pendidikan BPMP Provinsi Riau, Balai Guru Penggerak BGP Provinsi Riau dan Bappeda Kota Pekanbaru.