3 Daerah di Provinsi Riau Ini Rawan Terjadi Karhutla

Karhutla1.jpg
(DEFRI CANDRA /Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Memasuki musim kemarau, Provinsi Riau menjadi daerah yang mesti mewaspadai bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Sedikitnya, ada tiga daerah yang rawan terjadi karhutla di Riau.

Ketiga daerah rawan karhutla di Riau tersebut yakni, Kota Dumai, Bengkalis, dan Pelalawan. Hal ini berdasarkan data dari aplikasi Dashboard Lancang Kuning yang dibagikan Polda Riau.

Sedangkan untuk kategori sedang, ada 5 kabupaten yang rawan karhutla. Kelimanya yakni, Kabupaten Kampar, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Kabupaten Siak, Kabupaten Kepulauan Meranti, dan Kabupaten Rokan Hilir (Rohil).  

Sementara itu, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo telah memerintahkan Polda dan jajarannya untuk kembali mengaktifkan Satgas Manggala Agni untuk menanggulangi bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Instruksi ini merupakan tindak lanjut Kapolri untuk arahan Presiden Jokowi yang meminta TNI-Polri mewaspadai terjadinya karhutla.


"Terkait masalah karhutla, hari ini kita juga sudah bahas dan kita ingatkan ke Polda yang memang selama ini menjadi polda yang sering terjadi karhutla untuk segera mengaktifkan kembali satgas," ujar Sigit, dikutip dari kumparan, Jumat, 10 Februari 2023.

Terkait hal ini, Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto, menjelaskan Polda Riau tetap komitmen dalam mengantisipasi secara maksimal, melakukan penanganan terhadap ancaman karhutla secara konsisten dengan memanfaatkan secara optimal aplikasi Dashboard Lancang Kuning 

Kombes Narto mengatakan hal tersebut menjadi prioritas Polda Riau dengan berbagai upaya baik preemtif, preventif dan penegakan hukumnya.

“Penanganan karhutla menjadi salah satu program prioritas Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal,” kata Kombes Sunarto, Jumat, 10 Februari 2023.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan karhutla harus segera diwaspadai mengingat El Nino diperkirakan akan terjadi sekitar akhir Februari-Maret 2023 mendatang.

Jokowi mewanti-wanti TNI-Polri khususnya di daerah rawan karhutla, seperti Riau, Sumatera Utara, dan Kalimantan. Ia bahkan menegaskan janji 7 tahun yang lalu tentang pencopotan pimpinan TNI-Polri, seperti Kapolda, Pangdam, dan Danrem, jika tidak bisa mengatasi karhutla di daerahnya. 

"Janjinya tetap. Tadi saya ulangi mengenai janjian, 7 tahun yang lalu masih berlaku sampai sekarang," tegas Jokowi usai Rapimnas TNI-Polri di The Sultan Hotel, Jakarta, Rabu, 8 Februari 2023.