DPRD Minta Kejelasan Syamsuar Terkait Kesiapan Riau Jadi Tuan Rumah Porwil

Syamsuar610.jpg
(Media Center Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ketua Komisi V DPRD Riau, Robin P Hutagalung, meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Riau untuk memperjelas kemungkinan anggaran Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) untuk menjadi tuan rumah.

Dengan begitu, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Riau bisa mengambil langkah selanjutnya dalam persiapan Porwil sebagai tuan rumah.

"Jadi Kadispora juga diminta agar cermat dalam aspek hukum soal prosedur. Kemudian cermat dalam aspek keanggaran mempertimbangkan keuangan Provinsi Riau," kata Robin, Kamis, 9 Februari 2023.

Robin mengatakan, agar Pemprov Riau memperkaya pertimbangan kemungkinan menjadi tuan rumah Porwil 2023.


"Jadi KONI itu bukan menolak sebagai tuan rumah, melainkan agar prosedurnya diikuti. Porwil itu kan harus ada SK-nya sebagai dasar untuk penganggaran. Ini sampai sekarang belum ada dalam anggaran 2023 untuk tuan rumah Porwil," ujarnya.

Sementara jika dianggarkan dalam APBD Perubahan sangat berisiko, Robin meminta agar Gubernur Riau, Syamsuar, tidak memberikan harapan palsu kepada KONI.

"Jadi kami minta gubernur segera memberikan jawaban. Jangan KONI harapannya digantung, karena ini berimplikasi dengan cabor. Ada persiapan pra PON di Solo dan kalau Porwil tak jadi kan bahaya," pintanya.