Ratusan Warga Tolak Tambang Batu Bara di Cerenti Kuansing

Demo-tolak-tambang-batu-bara.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Ratusan warga di Kecamatan Cerenti, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) mendatangi Kantor Camat Cerenti, Kamis, 2 Februari 2023, pagi. Kehadiran mereka menyampaikan penolakan tambang batu bara di daerah tersebut.

Rencananya, hari ini akan dilakukan pengukuran terhadap lahan tambang batu bara di Desa Pulau Bayur, Kecamatan Cerenti. Namun tampaknya proses pengukuran mendapatkan penolakan dari masyarakat setempat.

"Jangan dirusak lingkungan kami pak," bunyi tulisan di kertas spanduk yang  dibawa warga dalam unjuk rasa di kantor kecamatan, Kamis pagi.

Informasi yang berhasil dirangkum RIAUONLINE.CO.ID warga menolak kegiatan eksplorasi pertambangan yang akan dilakukan PT LDE di daerah tersebut. Warga juga menolak dilakukannya pengukuran lahan yang akan dijadikan tambang batu bara.

Aksi penolakan warga tersebut juga mendapatkan pengawalan ketat dari pihak kepolisian dan berjalan kondusif.


Penjabat (Pj) Kepala Desa Pulau Bayur Cerenti, Dislagana Farce membenarkan adanya penolakan pengukuran tambang batu bara di Desa Pulau Bayur.

"Iya ada penolakan dari masyarakat," ujar Dislagana Farce dihubungi RIAUONLINE.CO.ID.

Pengukuran lahan tambang tersebut akan dilakukan PT LDE. 

"Dulu perusahaan FKIE sekarang PT Lingga," kata Farce.

Menurutnya, kurangnya sosialisasi perusahaan tambang ini membuat masyarakat baru mengetahui akan ada pengukuran lahan. Warga berharap sosialisasi digelar di Desa Pulau Bayur.

"Keinginan warga sosialisasi dulu digelar di desa. Masih banyak warga yang belum tahu akan ada pengukuran," katanya.