Beruang Madu Terekam CCTV Keluar Masuk Kebun Warga Rohil

Beruang-madu-terekam-CCTV.jpg
(dok. BBKSDA Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Seekor beruang madu terekam kamera CCTV memasuki kebun masyarakat di Kelurahan Sedinginan, Kecamatan Tanah Putih, Kabupaten Rokan Hilir. Video rekaman ini viral di media sosial.

Berdasarkan laporan yang diterima Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, beruang memakan ternak ayam warga di dalam kandang.

Pelaksana harian Kepala BBKSDA Riau, Hartono, mengatakan pada 24 Januari 2023 beruang memasuki areal perkebunan masyarakat.

“Kita lakukan sosialisasi bersama aparat pemerintah desa memberikan pemahaman ke warga untuk tidak berlaku anarkis kepada beruang karena merupakan hewan yang dilindungi,” sebutnya, Kamis, 2 Februari 2023.


Hartono menjelaskan, areal kemunculan beruang merupakan kebun karet dan kebun sawit milik masyarakat.

“Areal di lokasi kemunculan beruang adalah kebun karet dan sawit milik masyarakat. Berdasarkan pemantauan, beruang itu mencari pakan, artinya sumber pakan di kawasan hutan sudah sulit ditemui,” jelasnya.

Dari hasil pemantauan tim BBKSDA Riau di lokasi, selama tiga hari, satwa dilindungi tersebut kerap keluar masuk perkebunan masyarakat selama tiga hari

“Baru tiga hari selama tim di lapangan itu beruang keluar masuk perkebunan masyarakat, dari pengamatan itu beruang sudah dewasa,” tutupnya.