Kejurprov 3x3 Basket Usai, 40 Pemain Bakal Ikuti Seleksi Pra PON

atlet-basket-riau2.jpg
(RAHMADI DWI PUTRA/RIAUONLINE.CO.ID)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) 3x3 Basket usai digelar, sejumlah nama pemain yang menjuarai turnamen akan dipanggil mengikuti seleksi Pra Pekan Olahraga Nasional (PON) Riau.

Sebanyak enam tim dari kategori U-17, U-21 dan kategori umum yang menjuarai Kejurprov 3X3 Basket yang digelar di Mall Living World akan dipanggil untuk mengikuti seleksi pada ajang Pra PON 2023 mendatang di Jakarta.

Ketua Perbasi Provinsi Riau, Riko Adinata mengatakan, dari hasil evaluasi Kejurprov 3X3 ini, terdapat banyak talent muda yang siap bersaing mengikuti Pra PON.

“Dilihat dari event kejurprov ini mungkin banyak sekali yg kita ambil karena talenta pemain sudah cukup terhitung bermain PON, nantinya bibit-bibit yang kita seleksi ini akan kita bina dan selanjutnya akan diseleksi ulang karena yg mengikuti PON hanya terbatas,” jelasnya, Rabu, 14 Desember 2022.

Riko menambahkan, sebanyak 40 pemain akan dipanggil untuk mengikuti seleksi Pra PON.

“Lebih kurang yang kita pantau sekitar 40 pemain untuk mengikuti seleksi,” tuturnya. 

Untuk kategori putra U-17 tim Pekanbaru A berhasil menjadi juara, sedangkan tim putri dari Akademi Avenir. 

Sementara untuk kategori U-21 tim dari Kabupaten Siak dan Kampar berhasil keluar sebagai juara dan untuk kategori umum tim dari Garuda Padang berhasil menjadi pemenang.


Sebelumnya, Perbasi Provinsi Riau menggelar Kejuaraan Provinsi 3x3 Basket yang diadakan di Mall Living World Pekanbaru. Kegiatan berlangsung dari tanggal 8 Desember 2022 hingga 10 Desember 2022. 

Terdapat enam kategori dalam Kejurprov tersebut yaitu kategori umum putra/putri, kategori umur 17 putra/putri dan kategori umur putra 21/putri. 

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Riau, Boby Rachmat mengatakan, Kejurprov Basket 3x3 ini merupakan ide cemerlang dari Perbasi Riau untuk menyaring bibit bertalenta untuk menghadapi PON mendatang. 

"Ini ide cemerlang dari Perbasi Riau, bukan hanya menampilkan para atlet bertanding, masyarakat juga bisa menyaksikan sambil duduk-duduk dan belanja," sebutnya, Kamis, 8 Desember 2022.  

Ia menyebut, Perbasi Riau harus sering menggelar kejuaraan seperti ini, sehingga basket di Riau bisa lebih berprestasi dan dikenal masyarakat luas. 

"Saya kira ini suatu hal yang harus dicontoh oleh cabang olahraga lainnya, dengan suasana berbeda, saya kira ini inovasi,” ujarnya. 

Sementara itu, Ketua Perbasi Riau, Riko Adinata menjelaskan, kejuaraan provinsi 3x3 basket ini diikuti sebanyak 82 tim. 

"Ini Kejurprov 3x3 Perbasi Riau dan menggandeng tim-tim nasional yang ingin bertanding. Totalnya ada 82 tim, ada yang dari Kepri, Sumut, Sumbar hingga Jakarta," ungkapnya.

Riko mengatakan, Kejurprov ini merupakan agenda dari Perbasi Riau tahun 2022 dalam rangka mencari bibit pemain demi persiapan Pra Pon di tahun 2023 mendatang.

"Kebetulan kita juga didukung oleh Bapak Erick Thohir selaku pembina PP Perbasi, beliau mensuport pialanya. Kita masing-masing ada 6 kategori yang nantinya akan mendapat piala Erick Thohir," katanya.