Siak Kembali Raih Penghargaan Peduli HAM dari Kemenkumham

Pemkab-Siak-raih-penghargaan2.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, SIAK - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak kembali menerima penghargaan sebagai Kabupaten Peduli HAM dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Penyerahan penghargaan sempena Puncak Peringatan Hari HAM sedunia ke-74 tahun 2022 yang dibuka langsung oleh Wakil Presiden, Ma'ruf Amin, di Hotel Sultan dan Residence Jakarta, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Senin, 12 Desember 2022.

Penghargaan tersebut diserahkan Direktur Jenderal Hak Asasi Manusia Kemenkumham, Mualimin Abdi dan diterima langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Siak, Arfan Usman.

Sekda Siak, Arfan Usman, didampingi Kabag Hukum Setda Kabupaten Siak, Asrafli, mengatakan penghargaan yang diterima Kabupaten Siak ini merupakan yang ke-8 kalinya. 

Ia mengapresiasi OPD yang telah mendukung dalam pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, sehingga tahun ini Kabupaten Siak kembali menerima penghargaan.

"Kami mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada OPD terkait dalam mendukung pemenuhan hak-hak dasar masyarakat, seperti pelayanan kesehatan, Administrasi, pendidikan dan infrastruktur. terutama bagian hukum yang menyampaikan dokumen KKP HAM lengkap sesuai ril dan tepat waktu," ujarnya.


Lanjutnya, pemerintah daerah sebagai instrumen penilaian Pelaksanaan Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia (KKP HAM) harus hadir dan menjamin perlindungan HAM bagi masyarakat.

"Oleh sebab itu, pemerintah harus hadir, baik pemerintah daerah maupun pusat. Bicara tentang Hak Asasi Manusia, bukan hanya ketika ada sebuah masalah tapi bagaimana kita mengentaskan masalah serta memenuhi kebutuhan dasar masyarakat, sehingga kita di kategori termasuk kabupaten peduli HAM," urainya.

Ada lima OPD yang tergabung dalam lingkup penilaian KKP HAM, yaitu Dinas Sosial, DPMK, Dinas PU Tarukim, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, dan DP3AKB. 

Penghargaan KKP HAM tahun 2022 ini, untuk Provinsi Riau hanya ada empat kabupaten/kota yang meraih penghargaan, yaitu Kabupaten Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Kepulauan Meranti, dan Siak.

Acara tersebut di juga di hadiri Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, para pejabat negara menteri, para gubernur, hingga bupati/walikota se-Indonesia, yang menerima penghargaan.