Harga Sembako Naik Jelang Nataru, Apa Upaya Pemko Pekanbaru?

Ilustrasi-Sembako.jpg
(Senuju.com)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sejumlah komoditas pangan diprediksi mengalami kenaikan harga jelang momen natal dan tahun baru atau Nataru. Komoditas ini di antaranya yakni, bawang merah, kedelai, beras, dan minyak goreng.

Pj Sekda Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, mengatakan biasanya jelang Nataru kerap terjadi kenaikan harga sejumlah harga bahan pokok. Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru pun mulai intens melakukan pengawasan ke pasaran memantau suplai sembako.

Ia menyebut, pemerintah kota mulai melakukan antisipasi kenaikan harga dan ketersediaan bahan pokok. Pengawasan nantinya dilakukan oleh OPD bertanggung jawab dan sejumlah pihak terkait.

 

"Antisipasi jelang Nataru ini yang pertama adalah memang soal Sembako. Untuk sembako ini akan kita pantau nanti agar jangan sampai terkendala mulai dari Provinsi ke kita," terang Indra Pomi, Selasa, 29 November 2022.


Menurutnya, selain dengan melakukan pemantauan di pasar, pihaknya juga akan langsung melakukan pengecekan ke distributor.

"Nanti kita pastikan juga ke distributornya, kita harapkan tidak ada kendala dalam distribusi," paparnya.

Sementara, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) pun harus memastikan ketersediaan bahan pokok di Kota Pekanbaru. Terutama jelang Natal dan Tahun Baru 2023.

Apalagi konsumsi masyarakat mengalami peningkatan jelang Nataru. Disperindag diminta agar menggandeng Bulog untuk mengecek kestabilan harga bahan pokok di pasar, guna menekan inflasi daerah.