Pengamat Jabarkan Penyebab Inflasi Jelang Akhir Tahun, Apa Saja?

Inflasi2.jpg
(Pengertian-Definisi.Blogspot.com via Republika.co.id)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pengamat Ekonomi dari Universitas Riau, Edyanus Herman, menyatakan inflasi menjelang akhir tahun bisa terdorong dengan meningkatnya harga bahan pokok.

Ia mengatakan, menjelang akhir tahun, biasanya permintaan barang meningkat, sedang jumlah barang tetap. Hal itu, menurutnya, menyebabkan harga komoditas melonjak naik.

"Belum lagi kalau ada permainan dari para spekulan. Jangan sampai ada penimbunan yang dilakukan oleh para spekulan, jadi distribusi barang harus dipastikan berjalan lancar," katanya saat dihubungi RIAUONLINE.CO.ID via telepon, Rabu, 16 November 2022.

Ia menjelaskan, jika sudah 'efek Januari' dan jumlah barang tetap minim, maka dipastikan harga komoditas akan naik dan masyarakat yang dirugikan.


"Makanya penting bagi semua lini melakukan pengawasan dan pengendalian terutama menyangkut lalu lintas komoditas yang banyak dibutuhkan masyarakat seperti tepung, gula, bumbu, beras, dan lainnya," ujarnya.

Edyanus pun mewanti-wanti akses transportasi di akhir tahun bisa menyebabkan kelangkaan bahan pokok dikarenakan misalnya ada jalan yang longsor.

"Apalagi ini waktunya musim hujan kan. Makanya harus ada pengendalian harga, produksi bahan pangan ditingkatkan juga," tutup Edyanus.