Sekjen Golkar Jagokan Syamsuar di Pilgubri, Pengamat: Peluang Septina Masih Ada

Golkar-Riau.jpg
(Bagus Pribadi/RIAUONLINE.CO.ID)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pengamat politik dari Universitas Riau, Khairul Amri, mengatakan peluang Septina Primawati diusung Partai Golkar maju Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri) 2024 masih terbuka, meskipun DPP Golkar sudah merestui Syamsuar maju dua periode. 

Septina diwacanakan bakal jadi calon wakil gubernur Riau mendampingi Ketua DPW PPP Riau, Syamsurizal, yang menyatakan bakal maju sebagai calon gubernur Riau.

Sementara Gubernur Riau, Syamsuar yang juga Ketua DPD I Partai Golkar Riau sudah mendapat dukungan dari Sekjen Golkar untuk maju lagi di Pilkada 2024 saat HUT ke-58 Golkar lalu.

"Secara politik pasti (Septina) ada peluang. Apalagi Golkar partai yang pernah lama berkuasa, dan secara pengalaman di Golkar tak jarang kita lihat manuver-manuver politik," kata Khairul Amri, Selasa, 1 November 2022. 

Kendati demikian, menurutnya Syamsuar punya kesempatan lebih besar guna mendongkrak popularitas dan elektabilitas sejak dini, mengingat kekuasaan di partai.


"Syamsuar bagaimanapun dia diuntungkan karena dia incumbent. Dia punya pengaruh dan punya SDM yang secara politik bisa dimanfaatkan sejauh tidak melanggar regulasi dan ketentuan yang ada," ujar Khairul. 

Di sisi lain, Khairul menyampaikan agar tak memandang sebelah mata kepada Septina yang juga merupakan Istri mantan Gubernur Riau, Rusli Zainal. 

Septina diketahui pernah menjabat Ketua DPRD Riau 2016—2019. Saat ini pun ia menjabat sebagai anggota dewan periode kedua yang akan berakhir 2024. 

"Ini yang bakal alot bagaimana DPP mengusung calon gubernur Riau, karena baik Syamsuar dan Septina sama-sama mempunyai kelebihan," ujarnya. 

"Semua tergantung keputusan partai. Dalam politik ketidakpastian itu yang unik dan menarik," imbuh Khairul. 

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar Lodewijk F Paulus menyatakan dukungan kepada Syamsuar untuk kembali maju sebagai calon gubernur Riau pada Pilgubri 2024.

"Insya Allah, kebulatan tekad dari kader Golkar di Riau baik di DPD tingkat I dan II, kecamatan, desa-kelurahan, ormas Hasta Karya dan organisasi sayap lainnya sepakat mengusung Pak Syamsuar di Pilkada 2024. Artinya kita dukung dua periode," kata Lodewijk.