Sekda Arfan Usman Apresiasi Festival Satra Sungai Jantan

Pemkab-Siak-ADV.jpg
(Istimewa)


Laporan: Hendra Dedafta

RIAU ONLINE, SIAK - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Siak Arfan Usman, mengapresiasi kegiatan Festival Sastra Sungai Jantan (FSS]) Tahun 2022 yang digelar di Gedung Tengku Mahratu, Selasa 21 Juni 2022.

"Kedepan festival sastra terus kita pertahankan untuk diselenggarakan setiap tahunnya. Karena ini benar-benar bermanfaat membangkitkan generasi kedepan mengenai seni sastra," kata Sekda Arfan.

Arfan mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak memiliki komitmen yang tinggi terhadap kesenian melayu. Dia berharap, tim juri bisa memberikan pencerahan kepada peserta yang mempunyai bakat dan kemampuan.

"Kita bersama-sama memahami bahwa ekspresi dan eksistensi sastra dipakai untuk mengungkap berbagai pola kehidupan masyarakat melayu. Melalui kegiatan ini, tujuannya kedepan anak-anak saat ini akan menjadi kader dari pada tokoh sastra yang ada di Kabupaten Siak di masa mendatang," harap Sekda Siak.


Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak, Mahadar menyampaikan, FSSJ tahun 2022 ini merupakan tahun kedua, setelah yang pertama sukses dilaksanakan pada 2019. Namun karena terkendala covid-19, maka tahun ini baru dapat dilaksanakan kembali.

Adapun yang akan diperlombakan seperti, Lomba Cipta Sastra seperti puisi, cerpen, cerita rakyat. Kemudian, lomba baca puisi dan berbalas pantun tingkat pelajar dan umum.

”Pelaksanaan festival sastra sungai jantan tahun 2022 akan dilaksanakan selama tiga hari, dari tanggal 20 sampai 22 juni 2022 di Gedung Tengku Mahratu Siak Sri Indrapura," kata Mahadar.

Mahadar menyebutkan para peserta terdiri dari lomba cipta sastra, cipta puisi berjumlah 36 orang, cipta cerpen berjumlah 31 orang, dan cipta cerita rakyat sebanyak 19 orang. Sedangkan untuk peserta lomba baca puisi pada tingkat pelajar sebanyak 50 orang, dan tingkat umum sebanyak 37 orang.

Untuk lomba berbalas pantun tingkat pelajar sebanyak 7 grup dan tingkat umum sebanyak 6 orang.

Acara ini diikuti terdiri dari masyarakat Kabupaten Siak, seniman dan seniwati, tenaga pengajar, siswa-siswi SMP/SMA sederajat di lingkungan Kabupaten Siak.