126 Desa di Kuansing Sudah Cairkan Dana Desa Tahap I 2021

uang39.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Sebanyak 126 desa dari total 218 desa di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau telah mencairkan dana desa (DD) Tahap I Tahun 2021. Dan 96 desa lagi belum mencairkan dana desa.

"Dari laporan baru 126 desa yang sudah cair dana desa (DD) Tahap I," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kuansing, Napisman kepada Riau Online, Rabu, 21 April 2021.

Menurut Napisman, lambatnya desa mengajukan pencairan dana desa (DD) tahap I karena pengajuan APBDes juga agak terlambat pada tahun ini.  

"Apalagi sekarang untuk pengajuan harus di upload soft copy-nya. Kemudian juga ada pengisian di Om-Spam, mungkin cara-cara baru ini membuat desa belum mahir," katanya.

Target kata Napisman, awal Juni 2021 dana desa (DD) tahap I sudah harus tersalurkan semuanya. "Kalau tidak salur Juni nanti maka desa akan rugi dan akan ada konsekwensinya bagi desa," katanya.

 

Napis menambahkan, dana desa (DD) tahun 2021 ini diarahkan untuk pembangunan non fisik terutama untuk penanganan covid-19, pemberdayaan, dan kegiatan padat karya. "BLT salah satu prioritas dana desa 2021," katanya.