Teluk Kuantan Sering Kebanjiran, Muslim Desak Pemkab Kuansing Bangun Drainase

muslim.jpg
(ROBI/RIAUONLINE)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Meskipun berada di daratan dan jauh lebih tinggi dari aliran Sungai. Namun kota Teluk Kuantan yang menjadi ibu kota Kabupaten saat tiba musim hujan selalu terendam banjir. Drainase yang ada tidak mampu lagi menampung air hujan.

Hal ini menjadi keluhan masyarakat, terutama yang tinggal sekitar ibu kota kabupaten khusus di kota Teluk Kuantan. Minimnya drainase di sepanjang jalan poros ibu kota menjadi penyebab terjadinya banjir. Sehingga jalanan selalu terendam dan masuk ke rumah masyarakat.

Menindaklanjuti aspirasi masyarakat tersebut, Anggota DPRD Kuansing Muslim berjanji akan mendesak pemkab Kuansing untuk membangun lebih banyak drainase di ibu kota Kabupaten khususnya kota Teluk Kuantan.

"Ada beberapa titik yang diusulkan masyarakat minta dibangun drainase. Juga minta agar aliran sungai Nanun yang ada di kota Teluk Kuantan ini segera dilakukan normalisasi," kata Muslim yang menggelar reses di Dusun Topan, Desa Koto Taluk, Kecamatan Kuantan Tengah, Rabu, 7 April 2021.

Ia siap memperjuangkan aspirasi masyarakat tersebut. Seperti di Jalan Imam Munandar sejauh ini drainase yang ada belum sepenuhnya dibangun dan ini harus menjadi perhatian pemerintah.


"Drainase terlalu kecil dan sebagian tidak ada drainase ini penyebab sejumlah jalanan ibukota di kota Teluk Kuantan selalu terendam oleh banjir. Hujan sebentar saja air sudah menggenangi jalanan dan masuk ke rumah warga," katanya.

Padahal katanya, kota Teluk Kuantan ini berada jauh didaratan namun masyarakat banyak mengeluh asal datang hujan jalanan selalu tergenang oleh banjir.

"Termasuk juga didaerah Tobek Panjang (Topan), ini kalau hujan air selalu tergenang dan warga akhirnya mengeluh. Maka ini perlu dibangun drainase oleh pemerintah," ujar Muslim yang juga Ketua Komisi II DPRD Kuansing.

Selain permintaan pembangunan drainase, warga juga minta agar diperjuangkan peningkatan jalan aspal di Luar Irok, Desa Koto Taluk Kuantan, Kecamatan Kuantan Tengah. "Termasuk juga normalisasi sungai Nanun," kata politisi Partai Nasdem ini.

Muslim juga berjanji akan memperjuangkan pembangunan pagar SDN 007 Kecamatan Kuantan Tengah. "Masih ada dibagian belakang katanya yang belum dibangun pagar, InsyaAllah akan kita perjuangkan," katanya.

Hadir dalam reses masa sidang ke-I tahun 2021 tersebut, Kepala Desa Koto Taluk beserta perangkat desa, BPD, tokoh masyarakat, dan masyarakat sekitar.

Siang ini kata Muslim, dirinya juga menggelar makan bersama dengan warga sekitar terutama dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan. "Sekalian nanti warga akan meresmikan Surau Jainatul Makwah menjadi Mesjid," tutupnya.