AJI Pekanbaru Gelar Uji Kompetensi, Diawali Workshop

Firman-Agus.jpg
(Facebook)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sebagai bentuk tanggung jawab organisasi akan penyebaran berita palsu alias Hoax, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia dan AJI Pekanbaru menggelar Workshop bertemakan 'Profesionalisme Jurnalis Menghadapi Hoax'.

Agenda yang dijadwalkan berlangsung Jumat 6 April 2018 besok ini akan berlangsung di Hotel Grand Suka, Pekanbaru.

Ketua AJI Pekanbaru, Firman Agus mengatakan, workshop ini juga merupakan kerjasama AJI Indonesia dengan Kedutaan Besar Australia. Dengan tujuan untuk peningkatan profesionalisme anggota AJI.

"Khusus tahun ini diangkat tema mengenai antisipasi Hoax yang belakangan begitu gencar melanda Indonesia dengan berbagai isu, terutama berkaitan dengan SARA, dan Politik. Jadi ini bentuk tanggung jawab organisasi profesi AJI dalam meningkatkan kualitas anggota," terang Ketua AJI Pekanbaru, Firman Agus.

Workshop akan menghadirkan pembicara langsung dari Kedutaan Besar Australia dan Dewan Pers.

"Akan disampaikan materi mengenai etik Pers langsung oleh anggota Dewan Pers, Nezar Patria, serta materi mengenai Prinsip penting dalam peliputan, dan publikasi berita. Materi ini akan disampaikan oleh Budisantoso Budiman dari Badan Penguji UKJ AJI," urai Firman.


Melalui workshop ini, diharapkan jurnalis lebih paham akan mekanisme peliputan dan menyaring isu-isu hoax. Dengan demikian, masyarakat sebagai penikmat konten berita semakin dicerdaskan dan terhindar dari isu provokatif.

"Tentunya kita jurnalis lebih meningkatkan kemampuan akan penyaringan sumber informasi berita sehingga terhindar dari informasi hoax," tegasnya.

Selain Workshop, AJI Indonesia juga menggelar Uji Kompetensi Jurnalis (UKJ) pada Sabtu 7 April dan Minggu 8 April 2018 di lokasi yang sama.

Gelaran UKJ merupakan bentuk tanggung jawab AJI dalam menjaga profesionalisme dan menjalankan amanah Dewan Pers yang mengharuskan setiap jurnalis kompeten dengan tingkat berbeda, mulai dari Muda, Madya dan Utama.

UKJ kali ini diikuti oleh 20 orang anggota AJI dari Pekanbaru, Batam, Padang, dan Palembang.(rls)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id