Antisipasi Kejahatan Internet, Yuk Hadiri Workshop Ini

Workshop-Keamanan-Digital.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/HASBULLAH TANJUNG)

LAPORAN: HASBULLAH TANJUNG

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Banyaknya permasalahan yang terjadi di internet belakangan ini, menggerakkan beberapa organisasi yakni Pekanbaru Smart Community, SAFEnet, dan LPM Gagasan UIN Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau untuk memberi pengetahuan kepada netizen.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Panitia, Andri Rachmat. Dikatakannya saat ini sangat banyak penyebaran konten hoax, hatespeech atau ujaran kebencian, dan berbagai permasalahan di internet lainnya.

"Kita akan sampaikan tips-tips supaya kita terhindar dari doxxing yang data korbannya akan disebar melalui sosial media dan berujung pada persekusi, dan banyak lagi tipsnya," jelas Andri kepada RIAUONLINE.CO.ID, Jumat, 30 Maret 2018.

Untuk itu, penyelenggara akan menghadirkan beberapa narasumber ahli yang terbagi dalam tiga sesi, diantaranya materi Dasar Keamanan Digital yang disampaikan oleh Koordinator Kawasan, IV SAFEnet Unggul Sagena.

Adapula materi tentang cara deteksi dan melawan konten hoax di internet oleh wartawan senior dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) yang juga merupakan Pemimpin Redaksi (Pimred) dari RIAUONLINE.CO.ID, Fakhrurodzi.


"Terakhir, materi menyikapi persekusi dan ujaran kebencian di internet oleh Direktur LBH Pekanbaru Aditia Bagus Santoso," tambah Andri.

Untuk acara sendiri, dilanjutkan Andri, akan berlangsung secara gratis mulai pukul 10.00 WIB hingga sore hari di Sekretariat Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Jalan SM Amien, Sabtu, 30 Maret 2018.

Dengan adanya acara yang didukung oleh RIAUONLINE.CO.ID, LBH Pekanbaru, APJII Riau, Startup Pekanbaru, ATIOS ini, diharapakan para peserta bisa terhindar dari ancaman bahaya internet.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id