Rutan Sialang Bungkuk Terus Berbenah, ini Buktinya

Lapas-Sialang-Bungkuk2.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pasca rusuhnya Rumah tahanan (Rutan) Kelas IIB Pekanbaru, Sialang Bungkuk, pada 5 Mei 2017 silam, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Kantor Wilayah Riau setapak demi setapak mulai berbenah.

Layanan dasar yang menjadi penyebab kerusuhan Rutan tersebut sudah mulai ditingkatkan. Seperti kehigienisan makanan sampai penambahan debit air sudah mereka lakukan.

Kepala Rutan Sialang Bungkuk Dicopot, Tumbal Bobroknya Pengelolaan Lapas

Sialang Bungkuk Kembali Ricuh Tolak Pemindahan Tahanan Diduga Provokator

Napi Kasus Narkoba Ini Otak Kaburnya 473 Tahanan Sialang Bungkuk


"Ini semua merupakan tindak lanjut pemulihan dan keamanan pasca kerusuhan Rutan tempo hari,"kata Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Riau, Dewa Putu Gede, saat apel besar satuan komunitas Pramuka Pengayoman di Rutan Sialang Bungkuk, Jumat, 17 November 2017.

Tidak hanya kebutuhan dasar. Kini Rutan itu juga telah memiliki sistem online bagi pendaftar kunjungan warga binaan sampai dari pengamanan data pengunjung menggunakan sidik jari.

Selain itu, Lapas juga memindahkan sebanyak 700 orang warga binaan ke Rutan lain demi mengurangi padatnya Rutan.

"Sedangkan dalam rangka untuk meningkatkan integritas pelayanan, kami juga telah mengganti 28 petugas, menjalin kerja sama dengan dinas kesehatan, perpustakaan daerah, panti sosial sampai Kwartir Daerah Pramuka Riau dalam rangka penyelenggaraan pelatihan Pramuka di dalam Rutan," tandasnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id