Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi, Irving Akan Bangun Motuyoko di Tiap Kecamatan

Tingkatkan-Pertumbuhan-Ekonomi-Irving-Akan-Bangun-Motuyoko-di-Tiap-Kecamatan.jpg
(Hendra Dedafta/Riau Online)

RIAU ONLINE, SIAK - Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Siak nomor urut 1, Irving Kahar Arifin-Sugianto merancang 17 program unggulan berbasis masyarakat. Program ini dalam rangka percepatan pertumbuhan ekonomi, meningkatkan mutu dan daya saing serta kesejahteraan rakyat.

Di antara program penunjang pertumbuhan ekonomi masyarakat di bidang infrastruktur, Irving Kahar berencana membangun Ruang Terbuka Hijau (RTH) atau Taman Motuyoko di setiap kecamatan dan kawasan strategis kabupaten. 

Mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang, Perumahan Rakyat, dan Kawasan Permukiman (PU Tarukim) Kabupaten Siak ini juga juga berjanji akan membangun taman layak anak.

Irving juga menyampaikan bahwa dalam 13 kepemimpinannya di Dinas PU Tarukim, pihaknya telah membangun taman terbuka publik dengan konsep RTH di lima kecamatan yakni Siak, Bungaraya, Sungai Apit, Kandis dan Tualang.

RTH yang dibangun dilengkapi dengan fasilitas tempat bermain layak anak, panggung penampilan, pedestrian yang estetik dan gerai UMKM.

“Dengan dibangunnya RTH tersebut, alhasil menunjukkan dampak positif di masyarakat,” ujarnya. 


“Saat hari libur, masyarakat bisa menikmati taman-taman itu mengisi waktu luang bersama keluarga, remaja dan muda-mudi memanfaatkan RTH sebagai tempat pengembangan bakat dan UMKM juga semakin tumbuh,” imbuhnya.

Irving mencontohkan, Taman Motuyoko di Kecamatan Tualang yang diresmikan pada 2022 lalu. Taman tersebut kini jadi pusat keramaian bagi masyarakat Tualang. Sekitar 50 gerai UMKM juga sudah beroperasi di kawasan itu.

"Ya dasar itu lah kami ingin meningkatkan infrastruktur di tiap kecamatan termasuk membangun RTH tadi," kata Irving, Kamis 17 Oktober 2024.

Irving berharap RTH menjadi jalan pertumbuhan ekonomi masyarakat. RTH di tiap kecamatan juga mengusung konsep pemerataan pembangunan yang tidak bertumpu pada satu titik.

"Kita ingin semua masyarakat di kecamatan tidak harus jauh-jauh ke Siak atau ke luar kota untuk liburan, sehingga roda ekonomi masyarakat berputar,” tuturnya.

“Bahkan masyarakat luar daerah bisa berkunjung menikmati taman publik yang ada di kecamatan," tambah Irving.

Irving juga menambahkan, saat masih menjabat di Dinas PU Tarukim Siak sudah mendesain pembangunan taman untuk Kecamatan Kerinci Kanan dan Lubuk Dalam.