Program Air Bersih Irving Berlanjut, Tahun Depan Aliri 185 Rumah di Tuah Indrapura

Program-Air-Bersih-Irving-Berlanjut-Tahun-Depan-Aliri-185-Rumah-di-Tuah-Indrapura.jpg
(Hendra Dedafta/Riau Online)

RIAU ONLINE, SIAK - Calon Bupati nomor urut 1, Irving Kahar menyebut bahwa programnya saat menjabat Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang, Perumahan Rakyat, dan Kawasan Permukiman (Tarukim) Kabupaten Siak akan berlanjut.

Irving mengatakan, sebanyak 185 rumah di Kampung Tuah Indrapura, Kecamatan Bunga Raya, Siak, akan dialiri Program Air Bersih secara gratis pada 2025 mendatang. Hal itu disampaikan Irving saat kampanye dialogis di Dusun Empat, Senin 14 Oktober 2024 malam. 

"Waktu itu sudah kami usulkan dan alhamdulillah disetujui sebanyak 185 SR teraliri air bersih,” ujar Irving.

“Ini anggaran dari APBN lewat program air bersih di Riau dari Kementerian PUPR senilai Rp1,8 miliar," imbuhnya.

Irving mengatakan, pengaliran air bersih ini memakai pipa sepanjang 7,7 kilometer, tersambung dari rumah ke rumah yang terdaftar.


"Pemasangannya gratis. Insyaallah Januari 2025 sudah dimulai," paparnya. 

Irving juga menyampaikan komitmennya jika terpilih sebagai Bupati Siak, dirinya bersama Calon Wakil Bupati Sugianto akan mewujudkan Kecamatan Bunga Raya sebagai kawasan sentra pangan di Kabupaten Siak. 

Infrastruktur seperti irigasi sawah, fasilitas jalan persawahan, cetak sawah baru hingga pencanangan pengolahan hasil pertanian juga masuk dalam program prioritas Paslon berjargon ISO ini. 

Ucapan terima kasih terlontar dari ratusan warga yang hadir kepada Irving atas upayanya mewujudkan program ini saat masih menjabat Kepala Dinas PU Tarukim Kabupaten Siak.

Mega, salah satu warga yang hadir mengaku masih menggunakan air sumur bor dengan kondisi air yang kurang bersih dan cenderung kekuningan serta berbau. Mega menyampaikan rasa syukurnya karena rumahnya akan dialiri air bersih tahun depan.

"Alhamdulillah. Kami semua berterima kasih kepada Pak Irving,” ujarnya.

“Selama ini memang itu yang kami butuhkan. Kami juga tahu bahwa program ini sudah bergulir di kampung lainnya dan alhamdulillah ini juga sampai ke rumah-rumah kami," ungkap Mega.