KPU Siak Minta Masyarakat Hindari Penyebaran Hoaks Cegah Kegaduhan Pilkada

KPU-Siak-Minta-Masyarakat-Hindari-Penyebaran-Hoaks-Cegah-Kegaduhan-Pilkada.jpg
(Hendra Dedafta/Riau Online)

RIAU ONLINE, SIAK - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Siak meminta kepada masyarakat untuk mencegah penyebaran informasi hoaks supaya tidak terjadi kegaduhan dan tercipta pemilihan kepala daerah (Pilkada) Siak 2024 sejuk, aman dan damai.

Ketua KPU Siak Said Darma Setiawan menegaskan, informasi yang tidak jelas kebenarannya bisa menyesatkan pemilih dan menciptakan ketidakpercayaan terhadap lembaga penyelenggara pemilu. 

“Bahkan dapat memicu kegaduhan dan konflik sosial, serta merusak integritas proses pemilihan,” tutur Said Darma,  saat menggelar coffee morning bersama awak media di Daily coffee, Kampung Dalam Siak, Senin 9 September 2024. 

Oleh karena itu, Said meminta masyarakat untuk memeriksa kebenaran informasi sebelum membagikannya dan selalu merujuk pada sumber yang terpercaya.


"Kami mengajak masyarakat Siak untuk bersama-sama menjaga suasana pilkada yang kondusif dan damai. Dengan tidak menyebarluaskan hoaks, kita dapat memastikan proses demokrasi berjalan dengan lancar dan transparan," ujarnya.

KPU Siak juga akan bekerja sama dengan pihak berwenang, serta mengajak rekan media untuk memerangi penyebaran hoaks dan memastikan bahwa semua informasi yang beredar berkaitan dengan pilkada adalah akurat dan sah. 

Masyarakat diharapkan dapat berperan aktif dalam upaya ini dan melaporkan informasi yang mencurigakan kepada pihak berwenang.

Dengan upaya bersama, diharapkan Pilkada Siak dapat berlangsung dengan aman, adil, dan sesuai dengan prinsip demokrasi yang sehat.