Wujudkan Pemilu Kondusif, Gubri Buka Rakor dan Silaturahmi FKUB

Syamsuar816.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar resmi membuka Rapat Koordinasi (Rakor) dan Silaturahmi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Regional Sumatera di Pekanbaru Provinsi Riau, Jum'at 15 September 2023 di Hotel Aryaduta Pekanbaru.

Digelar selama 3 hari sejak 14 - 16 September 2023, kegiatan ini mengusung tema "Membangun Keberagamaan dalam Bingkai Keragaman dan Kerukunan Umat Ber-Agama. Menyongsong Pemilu 2024 di Indonesia".

Dalam sambutannya, Gubri Syamsuar mengatakan sebagaimana  tema yang diangkat, ia berharap pelaksanaan Pemilu 2024 bisa berjalan aman, damai dan lancar.

"Kegiatan rakor ini bagus dalam rangka untuk menciptakan suasana aman dan kondusif di wilayah sumatera," ujar Gubri. 

Tak lupa, Gubernur Syamsuar turut mengapresiasi dan berharap rakor yang ditaja FKUB Provinsi Riau dapat berjalan lancar dan semakin mempererat tali silaturahmi. 

Sementara itu, Ketua FKUB Provinsi Riau, Abd. Rahman Qaharuddin mengungkapkan isu agama dalam kontestasi politik kerap menjadi isu sensitif. Di sinilah peran tokoh-tokoh agama dalam menjaga suasana yang aman dan tentram. 


Sehingga, rakor tersebut menjadi wadah dalam mengantisipasi berbagai hadangan yang memungkinkan muncul dikemudian hari.

"Tokoh agama memiliki peran central dalam mewujudkan kondisi yang kondusif, maka kami melakukan silaturahim ini untuk mengantisipasi potensi yang bisa saja muncul, karena isu agama yang tentu menjadi isu yang sensitif yang bisa dimanfaatkan oknum tertentu untuk mencapai tujuannya khususnya tujuan politik," jelasnya. 

 Dengan adanya rakor FKUB ini, ia juga berharap kerukunan dan ketentraman dimasa pesta demokrasi 2024 dapat berjalan lancar dan damai. 

 "Harapan kita mudahan bisa berjalan baik, lancar, bermanfaat untuk pembangunan  Provinsi Riau, dan bermanfaat untuk tetap kokoh, satu dan semakin jayanya Negara Kesatuan Republik Indonesia( NKRI) yang kita cinta," pungkasnya.