Besok KPU Gelar Pleno, Golkar Unggul Suara di PSU Rohul, Kursi PDIP Aman

coblos3.jpg
([suara.com/Oke Atmaja])

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Hasil Pemungutan Suara Ulang (PSU) terkait Pemilihan Calon Anggota DPRD Provinsi Riau 2024 di 31 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kawasan Perkebunan Torganda, Kecamatan Tambusai Utara, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, akan diplenokan di tingkat KPU Provinsi Riau, pada Kamis, 18 Juli 2024 besok.

Divisi Teknis dan Penyelenggaraan KPU Riau, Nahrawi mengatakan, rekapitulasi nantinya akan berlangsung selama dua hari, mulai tanggal 18 Juli jam 09.00 WIB hingga 19 Juli, di Kantor KPU Riau, Jalan Gajah Mada, Kota Pekanbaru.

"Khusus untuk PSU Rohul inikan mengenai Pileg Anggota DPRD Riau. Jadi plenonya sampai ke tingkat Provinsi Riau. Pleno kami gelar Kamis besok," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris DPW PDIP Provinsi Riau, Kaderisman mengatakan bahwa PDIP tetap bertahan dengan perolehan 11 kursi dari hasil PSU Torganda tersebut. Meski jumlah suara yang diraihnya lebih rendah daripada perolehan suara Partai Golkar.

"Berdasarkan hasil PSU, PDIP tetap memiliki 11 kursi di Gedung DPRD Provinsi Riau," jelasnya.



Ia menjelaskan, kesimpulan tersebut berdasarkan pantauan hitungan suara sementara saat rekapitulasi hasil PSU di Kabupaten Rohul tersebut.

Menurutnya, jumlah suara PDIP lebih rendah daripada Golkar. Akan tetapi, karena Golkar menginginkan kursi kedua di DPRD Riau, maka perolehan suaranya harus mencapai tiga kali lipat dari jumlah suara PDIP.

"Sesuai dengan Metode Sainte Lague, untuk mendapatkan kursi kedua di DPRD Riau, maka jumlah suaranya harus dikali tiga. Kalau kita dapat 1.064 suara, berarti Golkar harus dapat tiga kali lipatnya, tetapi Golkar tidak bisa mendapatkan perolehan suara tersebut, meskipun jika diakumulasikan total perolehan suara di PSU, Golkar lebih tinggi, kursi kita tetap tidak bisa direbut," jelasnya.

Menurutnya, meski masih akan menjalani beberapa tahapan sebelum penetapan resmi jumlah kursi pasca PSU, pihaknya meyakini perolehan kursi PDIP tidak akan bisa diganggu gugat lagi.

"Kita yakin hasilnya sudah tidak bisa diganggu lagi, karena PSU kemarin sudah dikawal secara ketat. Baik oleh penyelenggara dan para saksi serta pihak-pihak terkait lainnya. Kita berterimakasih kepada warga Torganda yang tetap memberikan pilihannya kepada partai kita, dan kita harap proses selanjutnya dapat berjalan dengan baik," pungkasnya.