Jelang Kejurnas Dayung, TD Keluhkan Air Danau Kebun Nopi Kuansing Keruh

Kebun-Nopi2.jpg
(Riau Online/Robby Susanto)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN-Tehnical Deligate (TD) Dayung Edi Suyono tampaknya menyoroti kondisi air danau kebun nopi yang keruh jelang pelaksanaan Kejurnas Dayung di Venue Dayung, Danau Kebun Nopi, Desa Bukit Pedusunan, Kabupaten Kuansing, Riau.

Sesuai jadwal Kejurnas dayung antar PLLP dan SKO tahun 2023 akan berlangsung selama delapan hari mulai 1-8 Juli 2023. TD dayung memastikan ada 18 Provinsi yang akan ikut serta dalam kejuaraan tersebut.

"Kalau untuk kelayakan venue dayung ini sudah standar Nasional. Untuk kejuaraan level Asia sebenarnya sudah bisa digelar disini. Tinggal kebersihan air danau yang harus diperhatikan," kata Edi Suyono, TD Dayung yang ditemui RIAUINLINE.CO.ID, Rabu, 28 Juni 2023.

Selain keruh disampaikan Edi, untuk dibagian star itu masih kurang dalam. Dimana rata-rata kedalaman venue dayung secara nasional itu 2,5 meter. "Rata-rata kedalaman harus ditambah terutama dibagian star, kalau untuk kedalaman di lintasan sudah oke," kata Edi.



Kemudian untuk jarak lintasan menurut Edi juga sudah cukup panjang. Untuk kejuaraan Asia panjang lintasan itu mencapai 2.300 meter dan venue dayung danau kebun nopi ini sudah memenuhi syarat untuk itu.

Lagi-lagi masalah kebersihan air yang menjadi sorotan. "Saat PON lalu airnya jernih, sekarang kondisinya keruh, ini menjadi catatan kita," katanya.